Aneka Kue Khas Palembang

 

Setiap mendengar tentang kota Palembang yang tebersit di kepala kita adalah pempek, namun ternyata selain pempek ada beberapa makanan lain berupa kue yang juga wajib dicicipi ada di Palembang diantaranya :

Aneka Kue Khas Palembang Hj.Cekrum

Alamat : Jl. Merdeka, Lorong Roda No. 29, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang.

 

1. Kue Lapis Kojo

Kojo berarti kemojo atau kamboja ,Kue Kojo ini merupakan makanan yang sering ditemui pada saat hari raya,acara –acara adat dipalembang,rasanya manis dan pembuatannya menggunakan banyak sekali telur bebek dan telur ayam.

Warna hijau yang didapat berasal dari daun suji dan pandan, selain memberikan warna yang cantik daun suji atau daun pandan juga memberikan aroma yang nikmat.

Awalnya Kojo ini dibuat tidak berlapis, namun sekarang kue kojo ini sudah berinovasi dan dijadikan berlapis-lapis dan memiliki beberapa rasa.

2. Kue Lapis Maksuba

Kue maksuba merupakan adaptasi dari kue bingka Pontianak, salah satu makanan khas kota Palembang ini mengandung susu kental manis dan warnanya tidak hijau,bahan yang dibutuhkan sama dengan kue 8 jam, tetapi cara pembuatannya berbeda.

Kue maksuba dibuat secara berlapis-lapis sehingga setelah selesai hasil kuenya berlapis-lapis mirip seperti pengerjaan kue lapis,menurut masyarakat Palembang bahan untuk membuat kue maksuba ini diantaranya telur bebek,mentega,gula,susu kental manis,vanilla essence dan kue maksuba ini biasanya dicetak dalam sebuah Loyang berukuran 21x21x7cm.

Untuk harga satu Loyang kue maksuba ini dihargai Rp.75.000-, sampai Rp.275.000-,.

Dalam tradisi masyarakat Palembang,kue ini merupakan hidangan pada saat – saat istimewa khususnya dihari raya dan perkawinan.

3. Kue 8 Jam

Namanya yang unik dan mudah di inggat,Kue 8 jam merupakan kue khas Palembang yang merupakan hidangan bagi para bangsawan palembang,kue ini diambil dari lamanya proses pembuatan kue selama delapan jam.

Untuk membuat kue 8 jam ini memerlukan proses pemanggangan selama delapan jam dan bahan untuk pembuatan kue ini ada telur bebek,gula,mentega,susu kental manis, sehingga rasa kue 8 jam ini manis legit dan mempunyai tekstur lembut dan kenyal.

4. Kue Suri

Tidak banyak orang yang tau dengan kue yang satu ini,salah satu kue khas Palembang yang tidak terlalu populer seperti maksuba.

Dilihat dari penampakannya seperti bika ambon khas Medan karena sama-sama berongga, tapi setelah dimakan akan terasa bedanya tekstur kue suri lembut, tidak kenyal seperti bika ambon dan Bika Ambon Legitnya menggunakan santan & air kelapa, sedangkan Kue Suri Palembang legitnyo menguunakan susu.

Untuk pembuatan kue suri ini memerlukan bahan – bahan seperti tepung terigu,ragi,telur,gula,susu,margarine.

Kue Suri ini biasanya di hargai mulai dari Rp.75.000 sampai Rp.275.000 perloyang.

5. Kue Gandus

Kue Gandus merupakan salah satu kue tradisional khas asal Palembang,Kue gandus ini berbahan dasar tepung beras yang kemudian diberi taburan ebi, seledri, bawang goreng, serta cabe merah pada bagian di atasnya.

Bentuknya kecil-kecil dan bisa ditemui di pasar tradisional di Palembang,rasanya pun asin pedas dan gurih kue gandus ini bisa dicetak dengan cetakan berbentuk mangkuk atau loyang persegi kemudian adonan dikukus sampai matang.

6. Kue Engkak Ketan

Kue Engkak ketan merupakan kue kuno asli Palembang yang memiliki tekstur lembut, empuk dan kenyal dengan wangi santan dan kelapa sangrai sangat khas sekali berbeda dengan kue atau cake lapis dari daerah lain dan rasanya manis dan legit ciri khas kue bolu Palembang, tepung ketan yang digunakan bisa tepung ketan hitam dan tepung ketan putih dan sering juga dijumpai aneka kreasi rasa sajian sedap maupun bentuk cetakan yang berhasil dikembangkan, seperti rasa coklat, lapis keju, dan lapis durian.

 

 

pegimakan.id

Comments
Loading...