Aneka Olahan Tahu Gurih Kenyal Khas Kota Tegal

Rasanya belum lengkap kalau ke Tegal tapi belum mencicipi makanan khas Tegal yang satu ini. Namanya Tahu Aci, bentuknya segitiga dan acinya nempel di bagian alasnya. Tahu Aci terbuat dari tahu kuning yang berbentuk persegi empat yang kemudian nantinya dibelah dua secara melintang. kemudian dari bekas belahannya tersebut di beri adonan yang terbuat dari tepung kanji atau aci, potongan daun kucai, dan beberapa bumbu lainnya.

Ada beberapa elemen yang membuat Tahu Aci ini berasa nikmat, yaitu yang pertama adalah tahu Kuningnya. Tahu kuning ini ternyata hanya banyak diproduksi di daerah kabupaten Tegal saja. Tahu kuning yang di Tegal memang tidah lah sama dengan tahu-tahu pada umumnya yang diproduksi di daerah lainnya. Oleh karena itu, Tahu Aci hanyalah bisa di temukan di Tegal saja.

Tahu Aci ini biasanya menjadi oleh-oleh yang paling diminati oleh para pengunjung terutama ibu-ibu. Rata-rata mereka membeli tahu aci yang masih mentah namun sudah diberi adonan. Sehingga tinggal menggorengnya saja. Ada juga yang namanya Tahu Pletok, sebenarnya itu adalah tahu aci yang sudah digoreng, kemudian dibelah-belah namun belahannya tidak sampai putus dan digoreng kembali hingga agak kering.

Selain tahu pletok, ada juga yang namanya ‘Tahu Upil’. Berbeda dengan Tahu Aci dan Tahu Pletok. Tahu Upil ini adalah tahu aci yang komposisi tahunya lebih sedikit dari pada acinya. Terkadang tahunya hanya kulitnya saja. Makanya disebut tahu upil.  Tahu upil biasanya ditemukan di pasar malam dan penjualnya biasanya jongkok dalam menggelar dagangannya.

Tahu Aci yang paling enak dan terkenal dijual di pusat oleh-oleh khas Tegal Tahu Murni yang ada di jalan Raya Adiwerna, Banjaran dan di daaerah kota Tegal, Tahu Murni Putra. Memang harganya jauh lebih mahal, tapi soal rasa tahu aci yang dijual di sini memang gak ada duanya.

Selamat mencoba.

Source Pegimakan Tahu Aci Tahu Aci, Kuliner Khas Tegal

Leave A Reply

Your email address will not be published.