Angkringane JAC, Angkringan Bentuk Pendapa

Angkringane JAC, Angkringan Bentuk Pendapa

Warung angkringan sendiri dapat dijumpai dengan mudah di Kota Jogja ini. Pasalnya warung ini tidak hanya berada di satu tempat / kawasan saja melainkan tersebar hampir di setiap wilayah Kota Jogja. Warung ini cukup mudah dikenali, biasanya warung ini berada di pinggir – pinggir jalan dengan ciri khas sebuah tenda yang biasa digunakan sebagai atapnya dan sekaligus dindingnya (penutup agar tak kelihatan dari jalan) dan juga sebuah gerobak kayu yang mempunyai beberapa fungsi seperti untuk memuat dan meletakkan barang dagangannya, sebagai meja para pengunjung, dan juga sebagai tempat untuk memanaskan air (biasanya alat pemanas yang digunakan berupa anglo dengan bahan bakarnya berupa arang).

Angkringane JAC ini terbilang cukup unik dan pokoknya beda dengan yang lainnya, angkringan ini tidak menempati areal badan jalan, tidak bertenda dan tidak bergerobak. Tapi menempati sebuah bangunan yang mirip dengan pendapa khas Jawa, mempunyai tempat duduk berupa kursi, dan tak hanya menyediakan sedikit menu saja melainkan bermacam – macam menu.

Banyak varian menu yang dapat kita pilih diantaranya ada nasi kucing; gorengan tempe; aneka macam sate tusuk seperti sate ayam, sate telur puyuh, sate rempelo, dsb. Menu ini biasa kita temui pada angkringan umumnya. Bedanya tak hanya itu saja yang tersedia, masih ada banyak varian lainnya yang layak untuk di coba diantaranya ada bakmi jawa, nasi sayur, cap cay, dll. Selain itu juga ada aneka macam jajanan pasar yang sungguh menggoda seperti klepon, onde – onde, semar mendem, dan masih banyak lagi lainnya. Harga makanannyapun murah meriah sekitar Rp 2500,00 sampai Rp 8000,oo.

Sementara pada minumannya, pada angkringan umumnya kita biasanya hanya menjumpai wedang jahe, teh, kopi atau susu saja tetapi tidak pada angkringan ini. Disini banyak banget minuman yang dapat kita pesan, selain minuman – minuman tersebut juga ada Wedang Bleduk/suduk, Wedang Gajah/Gasu, leser jawa, Wedang Ronde, Bajigur/Basu dan lain sebagainya. Harga minumannya sekitar Rp 4000,00 sampai Rp 11000,00.

Bila sobat dari luar Jogja dan pas kebetulan datang ke Jogja atau bagi orang yang tinggal di Jogja dan ingin merasakan sensasi makan di tempat angkringan yang berbeda pada umumnya, bisalah untuk sekedar singgah kesini. Lalu bagaimana cara menuju kesini? 

Dari Alun – alun Utara Kota Jogja bergeraklah ke arah barat melalui Jl. Kauman hingga menemukan perempatan jalan. Dari sini beloklah ke arah kiri (selatan) melalui Jl. Ngasem hingga mentok sobat akan menemukan Pasar Ngasem. Tepat di depan pasar ini beloklah ke arah kiri (timur) kira – kira 50 meteran sobat akan menemui sebuah persimpangan jalan yang ditengahnya terdapat pohon beringin. Lihatlah di sebelah kiri jalan tersebut disitu tertulis dengan jelas “Restaurant Pendopo nDalem”. Nah, jangan ragu – ragu atau bimbang lagi masuklah kedalam pendopo tersebut. Di dalam pendopo inilah Angkringan “Angkringane JAC” berada. Kalau pagi sampai sore pendopo ini berfungsi sebagai restaurant, nah Angkringan JAC barulah beroperasi dari sore hingga tengah malam. Jam Buka: Pukul 18.00 – 24.00 WIB.

Source http://www.anishidayah.com/ http://www.anishidayah.com/2016/04/angkringane-jac-angkringan-bentuk.html
Comments
Loading...