Asam Pedas Ikan Baung Kuliner khas Pekanbaru Riau

Masyarakat Sumatera punya aneka hidangan asam pedas. Termasuk Riau yang mengolah asam pedas dengan ikan baung.
Asam pedas jadi salah satu ciri khas sajian di Sumatera. Di Minangkabau, misalnya, terdapat hidangan asam padeh. Sementara di Aceh, ada asam keueng.
Asam pedas juga telah menjadi bagian kuliner Riau yang mendapat pengaruh kuat Melayu. Masuk dalam menu wajib hampir di tiap rumah. Sampai ikut disajikan juga pada berbagai acara adat setempat. Seperti saat rangkaian upacara pernikahan, lebaran, khitan dan lainnya.
Pada dasarnya sajian ini memiliki kuah bercitarasa asam dan pedas. Tapi tiap daerah biasanya punya perbedaan bumbu dan jenis ikan yang digunakan.


Masyarakat Riau mengolah asam pedas memakai kunyit, jahe, lengkuas, serai bawang merah dan bawang putih. Agar muncul citarasa asam, dimasukkan asam kandis atau air asam Jawa.
Di sana asam pedas banyak dipadukan dengan ikan baung, patin, selais dan gabus. Ikan air tawar jadi andalan di Riau karena diapit banyak sungai besar.
Sama seperti patin, asam pedas ikan baung jadi favorit di Riau. Baung yang memiliki nama latin Mystus Nemurus, masih sekerabat dengan lele. Sehingga bentuk tubuhnya pun agak mirip lele. Ikan air tawar ini banyak ditemukan di sungai, rawa, danau dan waduk.
Baung memiliki daging berwarna putih. Tekstur dagingnya yang lembut padat tanpa duri halus, membuatnya disukai banyak orang. Dibanding ikan patin, daging baung juga lebih tebal. Cocok dimasak dengan bumbu asam pedas ataupun gulai.
Tentunya di Pekanbaru, ibukota Riau, terdapat banyak rumah makan yang menyediakan asam pedas ikan baung. Pondok Asam Pedas Baung termasuk yang terkenal. Letaknya ada di Jl. Jenderal Sudirman.
Sajian asam pedas di sini kabarnya punya citarasa enak dengan ikan yang tidak amis. Sebab ikannya segar dari Kampar.
Membuat rumah makan padat pengunjung dari makan siang sampai malam. Pelanggannya ada yang dari luar kota, atis, hingga pejabat. Sehari rumah makan bisa menghabiskan 30-40 kg ikan baung.
Nah, mau mencicipi asam pedas baung di Pekanbaru?
Langsung aja ke,
Alamat : Pondok Asam Pedas Baung
Jl. Jend. Sudirman (seberang Rumah Sakit Awal Bros)
Pekanbaru Riau
Telp: (0761) 44750

Source Pegi Makan Asam Pedas Ikan Baung
Comments
Loading...