Asinan Kamboja khas Betawi yang Bikin Mata Melek

Asinan Kamboja khas Betawi yang Bikin Mata Melek

Asinan merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang masih bertahan hingga kini. Asinan Kamboja di sini bukan berarti asinan yang dijual terbuat dari bunga Kamboja, tetapi karena warung asinan ini terletak di Jalan Kamboja No. 10 Rawamangun, Jakarta Timur. Bagi yang baru pertama kali mengunjungi warung ini mungkin agak kesulitan untuk menemukan lokasi warung ini. Hal ini dikarenakan lokasi warung tidak berada di pinggir jalan raya, tetapi masuk ke Gang Kamboja yang tidak jauh dari RS. Persahabatan.

Asinan Kamboja terdiri dari dua jenis, asinan sayuran dan asinan buah. Asinan sayuran terbuat dari tauge, potongan sayur kol, daun selada, tahu, mentimun, dan kerupuk, dan yang paling penting adalah sambal kacang yang gurih. Sedangkan asinan buat bahannya kedondong, nanas, mangga, dan bengkoang yang dicampur dengan sambal gula merah, cabai, garam, dan cuka. Percampuran semua bahan menjadikan asianan buah seger banget. Sensasi manis, asem, asinnya membuat rasa lelah, lesu, ngantuk, dan penat jadi hilang seketika. Keistimewaan dari Asinan Kamboja Pak H. Mansyur yaitu dari bumbu kacangnya yang kental, yang membuat pelanggannya tak pernah berpaling dan tetap menjadi pelanggan setia.

Warungnya memang tidak terlalu besar, namun hampir tak pernah sepi pembeli, mulai dari warung ini buka jam 9 pagi sampai warung ini tutup jam 10 malam setiap hari. Namun pembeli akan lebih banyak lagi pada saat weekend, kebanyakan mereka berasal dari luar kota. Ada yang menyantap asinan di tempat, banyak pula yang membungkusnya untuk dibawa pulang. Harga satu porsi asinan sayur dan asinan buah ini sendiri cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp 9.000 sampai Rp 10.000 saja.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-jakarta/asinan-kamboja-khas-betawi-yang-bikin-mata-melek.html
Comments
Loading...