Bakso Gulung, Jajanan Enak & Unik di Bondowoso Jawa Timur

Bakso Gulung Traktakan

Sekalipun bukan benar-benar asli Indonesia, Bakso merupakan kuliner yang paling banyak dijual dan dicari oleh Masyarakat Indonesia. Bakso asal katanya dari Bahasa Hokkien yaitu kumpulan dua kata Bak dan So yang memiliki arti daging giling. Tentu tidak seperti asal kulinernya yang menggunakan babi, di Indonesia lebih banyak menggunakan daging sapi walaupun juga ada yang menggunakan daging ayam, ikan ataupun udang.

Ada begitu banyak ragam kuliner bakso di Indonesia. Ada yang berbeda dari segi bahannya, ada yang berbeda dari segi cara mengolah/menyajikannya, ada juga yang berbeda dari segi bentuknya. Bakso gulung adalah salah satunya.

Bakso sering kita mendengarnya dan juga sering memakannya, tapi untuk kuliner bakso yang ada di Bondowoso ini beda yaitu Bakso Gulung. Kuliner di Bondowoso Bakso Gulung ini dibuat dengan menggulung bahan bahannya, didalamnya ada telor goreng dadar dan daging sapi cincang dengan rasa yang sangat enak.

Warung Bakso Gulung Cak Rahmad

Cak Rahmad adalah pemilik warung bakso gulung di Desa Traktakan, Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. “Saya sudah jualan bakso sejak tahun 2000. Karena omset terus menurun seiring banyaknya orang yang juga menjual bakso, membuat saya berpikir keras untuk mencari cara agar tetap bertahan. Pada tahun 2013 akhirnya saya mencoba bikin bakso yang beda dari biasanya. Kalau semua orang hanya tahu bahwa bakso itu bulat, jadi saya bikin bakso gulung.” kenang beliau.

Warung bakso yang berada di pinggir jalan raya bondowoso-situbondo ini cukup dicari orang karena penasaran. Dari arah bondowoso, warung ini berada di kiri jalan sekitar seratus meter setelah MTS Negeri 1 Bondowoso.

Bakso Gulung Traktakan tampak lapisan daging dan telurnya

“Disebut bakso gulung karena memang cara bikinnya digulung seperti menggulung lemper. Daging halus diratakan lalu diatasnya diberi telur dadar tipis dan ditambahkan cacahan daging yang agak kasar. Selanjutnya sisi sampingnya dilipat, kemudian digulung dan baru dikukus.” ungkap Cak Rahmad.

Bakso Jumbo seukuran bola tenis

Di Warung ini hanya ada dua jenis bakso yaitu bakso gulung dan bakso jumbo yang ukurannya sebesar bola tenis. Harganya cukup terjangkau, hanya empat belas ribu rupiah saja.

Source pegimakan.id www.cakoyong.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.