Bakso Ikan Telor Asin Ahan

Penggemar telor asin dan bakso ikan bakal ketagihan kalau mencicipi bakso di sini. Adonan daging ikannya kenyal gurih dengan kaldu bening segar! Sluurp!

Selain bakso daging gepeng Pontianak dikenal juga dengan bakso ikan yang segar. Ini karena hasil ikan segar yang berlimpah. Dibuat adonan dengan sedikit bahkan tanpa campuran tepung kanji kemudian dibentuk bola-bola dan direbus. Warnanya putih susu, empuk gurih, enak dikunyah tanpa tambahan apapun.

Tetapi jika Anda berkunjung ke warung Bakso Ikan Telor Asin Ahan, ada banyak varian bakso ikan juga bakso cumi. Ada yang dipadu dengan pare, brokoli, jagung muda, cabe hijau besar dan diisi kuning telor asin.

 

Semua bakso ikan ditaruh dalam wadah-wadah dan disusun dalam lemari kaca. Anda tinggal memilih jenis bakso yang disukai. Penjual akan mencelup dan menyiram dengan kaldu panas. Dilengkapi daun selada dan taburan bawang putih goreng cincang.

Sambil menunggu bakso ikan diracik, bisa ngemil otak-otak yang dijual hangat di salah satu sudut kios. Berbungkus daun kelapa otak-otak ikannya berwarna merah oranye dengan aroma gurih ikan dan cabai.

Tak seperti otak-otak umumnya yang berwarna putih. Otak-otak Pontianak lebih mirip orak-otak Singapura, warnanya merah. Rasanya gurih-gurih pedas enak.

Agar lebih segar bisa dikucuri air jeruk kunci atau lemon cui dan sambal rawit encer yang disediakan di meja. Sluurp! Rasanya makin gurih, pedas sedikit asam.

Tekstur bakso ikannya sedikit kenyal dan lembut. Isian merah telur asinnya masir dan gurih. Sementara jagung muda, pare dan brokoli tetap segar renyah meskipun sudah direbus. Warnanya juga tetap hijau cantik! Tak ada aroma anyir ikan yang tercium karena bakso dibuat dari ikan segar.

Hasil gambar untuk Bakso Ikan Telur Asin Ahan

Harga baksonya juga tak terlalu mahal. Satu porsi bakso ikan komplet (Rp 36.000), untuk bakso per butir, telor asin, brokoli, pare dan jangung muda Rp 5.000 sebutir. Sedangkan jenis lInnya Berkusar Ro 1.500 – Rp 2.000 per butir.

Tempat ini nyaris tak pernah sepi, selalu dipadati pengunjung terutama di pagi hari dan jam makan siang. Anda harus sabar menanti giliran jika datang di jam-jam sibuk.

Bakso Ikan Telur Asin Ahan 
Jalan Wolter Monginsidi No. 39
Pontianak Kota 
Jam Buka : 07.00 -16.00

Source https://food.detik.com https://food.detik.com/rumah-makan/d-4424395/bakso-ikan-telor-asin-ahan-telor-asin-dan-sayuran-dibalut-adonan-ikan-segar
Comments
Loading...