Bakso Kerbau Beranak Sensasi Berbeda Makan Bakso di Demak

Bakso Kerbau Beranak Sensasi Berbeda Makan Bakso di Demak

Terletak persis di depan pintu masuk makam Sunan Kalijaga, di Kelurahan Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, warung bakso ini menawarkan sebuah varian baru bagi para peziarah yang butuh pengganjal perut. Namanya Bakso Kerbau Beranak, bakso yang biasa Anda jumpai di warung-warung bakso biasanya terbuat dari daging sapi, tapi di warung bakso ini terbuat dari daging kerbau.

Bakso Beranak di kota wali ini sangat ramai pengunjung terutama para peziarah yang datang dari berbagai kota di indonesia. Kedai tradisional ini dulunya hanya menyediakan bakso dengan porsi standar. Pasang surut usaha, berlaku pula terhadap Hartoyo yang sudah membuka usaha bakso sejak 18 tahun terakhir. Beberapa bulan sebelum memutuskan menjual Bakso Beranak yang berbahan dasar daging kerbau, usahanya sempat sepi pengunjung.

Salah satu alasan mengapa di warung ini bakso beranaknya menggunakan daging kerbau, karena untuk menghormati kepercayaan warga kadilangu tentang larangan memotong sapi di lingkungan makam Sunan Kalijaga. Mencetak bakso beranak perlu telaten. Mula-mula satu sendok daging giling ditaruh ke dalam cetakan dan dipipihkan, lalu masukkan 3 butir telur puyuh, sesendok penuh daging kerbau dan 4 butiran bakso seukuran kelereng.

Selanjutnya ditutup dengan adonan lagi hingga berbentuk bulatan bakso berdiameter 15 cm. Satu kilogram adonan hanya cukup untuk membuat empat butir bakso beranak. Terbayang betapa besarnya ukuran bakso tersebut. Setelah bakso dicetak, lalu dimasukkan ke air mendidih sekaligus dengan cetakan. Waktu perebusan minimal 15 menit. Tanda bahwa bakso matang jika bakso yang direbus lepas sendiri dari wadahnya.

Daging yang dipilih yaitu daging kerbau yang kaya serat, tak sehalus daging sapi. Jadi ketika makan bakso ini terasa sekali tekstur kenyalnya di lidah. Tiap hari pemilik menghabiskan 10-20 kilogram daging kerbau untuk bakso andalannya. Untuk menikmati satu porsi Bakso Beranak daging kerbau di kota Demak ini Anda cukup membayar Rp.25.000,-.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-demak/bakso-kerbau-beranak-demak-sensasi-berbeda-makan-bakso-di-demak.html
Comments
Loading...