Bakso Mas Min: Kenyal Gurih Bakso Urat Kuah Pakai Tetelan Sapi

Ini bakso racikan Mas Min asli Solo yang tersohor di wilayah Jakarta Timur. Ada bakso urat yang kenyal dan kuah kaldu gurih dipenuhi tetelan sapi. Tepat di seberang kantor Walikota Jakarta Timur, ada kedai bakso yang tak pernah sepi pengunjung. Di hari biasa pun kedai bakso itu masih ramai. Walau kebanyakan pelanggan lebih memilih untuk memakan baksonya di rumah.

Dari jauh terlihat spanduk bertuliskan ‘Bakso Mas Min’. Ya, nama kedai itu diambil dari nama sang pemilik, Mas Min. Berdasarkan keterangan salah satu pekerja, bakso ini sudah berdiri sejak puluhan tahun silam. Salah satu pengunjung bahkan sudah sering makan di sini sejak duduk di bangku SD, 14 tahun yang lalu. Namun tak ada yang tahu pasti kapan kedai bakso ini didirikan.

Harganya terbilang murah. Bakso telur, urat, dan halus dibanderol rata yakni sebesar Rp 15.000. Cukup menambah Rp 5.000 dari harga ketiganya alias Rp 20.000 untuk mencicipi Bakso Spesial. Pengunjung bebas memilih ingin memakai mie kuning keriting, suun maupun sayuran seperti sawi dan tauge rebus.

Bakso uratnya sendiri bertekstur namun lembut dengan tingkat kekenyalan yang pas. Ukuran bakso uratnya sebesar bola ping pong. Bakso halusnya berukuran sedikti lebih kecil dibanding bakso urat. Teksturnya lebih lembut dengan permukaan yang halus. Sedangkan bakso telurnya berisi telur ayam rebus utuh. Jika dibelah, kuning telurnya akan larut dalam kuah kaldu. Ini justru membuat rasa kuah makin sedap. Apalagi dimakan dengan tetelan sapi yang lembut dan lumer di mulut. Bikin selera makan meningkat.

Oh ya, seporsi bakso spesial berisi dua buah bakso halus, satu buah bakso telur, satu buah bakso urat, dan tahu bakso. Secara keseluruhan, bakso racikan Mas Min sangat ramah di kantong. Terlebih tersaji dengan porsi yang cukup melimpah. Hanya saja, karena lokasinya tepat berada di pinggir jalan, tak ada lahan parkir untuk kendaraan roda empat. Tapi lokasinya mudah diakses karena sangat dekat dengan halte Transjakarta Walikota Jakarta Timur. Yuk, hangatkan badan dengan semangkok bakso di sini!

Bakso Mas Min
Jl. Sentra Primer No. 53
Cakung, Jakarta Timur

Source https://food.detik.com https://food.detik.com/warung-makan/d-4222994/bakso-mas-min-kenyal-gurih-bakso-urat-kuah-pakai-tetelan-sapi
Comments
Loading...