Sedapnya Bumbu Khas Bandeng Colo Colo, Kuliner Lamongan

Bandeng Colo Colo

Sebagai salah satu sentra penghasil ikan tawar di Jawa Timur, tak heran jika kabupaten Lamongan memiliki banyak aneka kuliner berbahan dasar ikan bandeng. Salah satunya adalah bandeng colo-colo.

Bandeng colo-colo merupakan olahan masakan paduan bumbu khusus, yang mampu menghilangkan bau tanah dan bau amis bandeng yang selalu melekat pada bandeng, makanan ini hanya bisa dijumpai di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan.

Kabupaten Lamongan memiliki beragam masakan dengan bahan ikan bandeng yang terkenal karena rasanya yang gurih. Salah satunya bandeng goreng dengan sambal colo-colo. Dinamakan colo-colo karena sambal pedasnya bercampur dengan rasa masamjeruknipis.

Bandeng colo-colo ini merupakan menu baru yang bisa dinikmati penggemar kuliner di Lamongan. Menu satu ini tak berbeda dengan lalapan bandeng. Hanya saja, sambalnya yang khas membedakan dengan lalapan pada umumnya.

Masakan bandeng colo-colo khas Lamongan ini, berawal dari ikan bandeng yang dihasilkan petambak Lamongan sebagain besar berbau tanah. Warga mencoba-coba berbagai resep untuk menghilangkan bau tanah tersebut saat dimasak. Kemudian ditemukanlah resep yang diberi nama colo-colo yaitu bumbu alami yang terdiri dari daun sirih, cabe, serta tomat.

Membuat bandeng colo-colo cukup mudah. Pertama, bandeng yang sudah dibersihkan isi perut dan durinya, digoreng hingga matang. Setelah itu, bumbu sambal colo-colo yang didominasi tomat, cabai, dan bawang digoreng hingga mengeluarkan aroma sedap. Sebelumnya, bumbu-bumbu tersebut diiris dalam ukuran kecil.

Bandeng yang sudah diangkat dari penggorengan lantas digoreng bersama sambal colo-colo serta kecap manis. Setelah itu, bandeng yang sudah berlumur sambal kemudian disajikan bersama tomat dan lalapan seperti kacang panjang dan sawi. Usai digoreng bersama sambal, rasa dan bau amis yang kerap melekat pada ikan bandengan akan menjadi hilang sehingga para penikmat bandeng tidak akan terganggu dengan bau amis dan duriyang biasa melekat pada daging ikan.

Masakan asal Lamongan ini memiliki rasa yang khas, yakni pedas-pedas manis yang menggairahkan lidah. Untuk dapat menikmati kelezatan bandeng colo-colo khas Lamongan ini, anda cukup merogoh kocek Tiga Puluh Ribu Rupiah, lengkap dengan nasi.

Meski menu masakan bercampur bumbu, bandeng colo-colo ini rendah kolesterol, sehingga menyehatkan tubuh. Minuman berbahan buah-buahan akan lebih menambah kenikmatan jikadigunakan sebagai hidangan penutup.

Minuman berbahan buah-buahan akan lebih menambah kenikmatan jika digunakan sebagai hidangan penutup. Bagi para penggemar ikan bandeng mungkin bisa mencoba menu sederhana ini. Di Lamongan, makanan ini hanya bisa dijumpai di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan

Source Pegimakan.id www.tourkota.net
Comments
Loading...