Bandros Atta Kuliner yang Melegenda di Kota Sukabumi

Sebagai kota kecil yang terletak di selatan Jawa Barat, Sukabumi menawarkan pesona yang tidak kalah dari kota-kota lainnya. Udara yang sejuk dan asri, menjadikan kota ini nyaman dijadikan tempat singgah atau berburu kuliner. Salah satu kuliner yang wajib dicicipi ketika datang ke kota ini adalah Bandros. Bagi warga Sukabumi, nama Bandros Atta mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Nama Bandros Atta sendiri diambil dari nama penjualnya pada saat itu, yaitu Mbah Atta. Kuliner khas yang melegenda ini menjadi salah satu makanan yang paling diburu oleh para pecinta kuliner di Sukabumi.

Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang di cetak pada cetakan yang serupa, yakni cetakan yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer cukup banyak.

Uniknya meski termasuk panganan traditional, bandros sendiri bukan makanan yang kuno dan tergerus jaman. Bandros hingga kini masih diminati oleh berbagai kalangan. Mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Bandros sendiri biasanya disajikan untuk hidangan keluarga atau sekedar cemilan dimalam hari. Bandros memiliki tekstur empuk nan nikmat, apalagi ditambah minuman-minuman khas sukabumi seperti bandrek dan kopi sangat-sangat cocok untuk menghangatkan dinginnya malam.

Pembeli tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak, karena menu yang disajikan dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk bandros aneka rasa dijual dengan harga Rp 8.000 per porsinya, kecuali rasa keju yang dijual seharga Rp. 10.000. Sedangkan untuk menu special telur ayam kampung setengah matang, pembeli cukup membayar Rp 6.000. Harga untuk minuman juga relatif murah, yaitu kisaran Rp 3.000 sampai dengan Rp. 8.000.

Bandros Atta terletak di Jl. Gudang, kebonjati, cikole, Sukabumi. Setiap harinya Bandros Ata dibuka dari jam 08.30 malam sampai jam 06.00 pagi.

Selamat mencoba.

Source Pegi Makan Bandros Atta

Leave A Reply

Your email address will not be published.