Bandung Pisan: Hanhan Produksi Camilan Khas Bandung Sebagai Buah Tangan

Bandung Pisan: Hanhan Produksi Camilan Khas Bandung Sebagai Buah Tangan

Tak perlu sulit buat membawa oleh-oleh dari Kota Bandung. Bosan dengan kue bolu yang manis, coba beralih membeli batagor, lumpia, atau siomay yang bisa dinikmati hangat di kota tujuan. Lho, kok bisa? Salah satu UMKM yang berdiri sejak 2008 asal Kecamatan Regol membuat batagor, lumpia, dan siomay kukus dalam kemasan beku. Alasannya supaya bisa dibawa lebih lama di jalan atau bisa disimpan lama di kulkas. Lumpia Hanhan menjadi jagoan di deretan produksi makanan beku merek Batagor Hanhan di Kota Bandung.

Lumpia vegan ini berisi jamur, bengkuang, dan sayuran lainnya yang tanpa pengawet. Begitu pun dengan siomay kukus dan batagornya yang lebih dulu diproduksi. Semua produk makanan itu dikemas dengan proses vakum dan beku supaya makanan tahan lama di kulkas sampai 6 bulan atau 36-40 jam di luar ruang. Sengaja, Lelly Cholidah Aziz mengembangkan pangsa makanan beku dari camilan khas Bandung ini supaya penjualan lebih luas dan tidak ada risiko basi.

Batagor Hanhan menjadi binaan Disperindag, Perikanan, dan Dinas Koperasi Pemprov Jabar sejak 2009. Bazar demi bazar ia lakoni supaya batagornya mampu dikenal pembeli. Sampai akhirnya pada 2010, Batagor Hanhan diajak pameran ke Malaysia. Awal merintis merek Hanhan memerlukan energi yang besar sebab harus mampu mengibarkan bendera. Promo dan pameran selalu dia ikuti sambil menjadi binaan pemerintah.

Source https://www.ayobandung.com https://www.ayobandung.com/read/2018/12/31/42590/bandung-pisan-hanhan-produksi-camilan-khas-bandung-sebagai-buah-tangan
Comments
Loading...