Batagor H. Isan Kering di Luar Lembut di Dalam Bandung

Batagor H. Isan Kering di Luar Lembut di Dalam

Semua orang pasti sudah pernah makan Batagor, jajanan ini memang populer sekali dimana-mana. Batagor sendiri singkatan dari baso tahu goreng. Di kota kembang Bandung, banyak sekali penjual Batagor. Mulai dari Batagor yang harganya sekitar Rp 7.000 per buah nya, sampai yang murah meriah yaitu Rp 2.500 per buah nya. Salah satu batagor murah meriah yang terkenal di Bandung adalah Batagor H. Isan. Lokasi dari Batagor H. Isan ini pusatnya berada di Jalan Bojongloa No 38 Bandung (Jalan Bojongloa berada di sekitar jalan Pasirkoja).

Batagor H Isan disebut-sebut merupakan bakso tahu goreng (batagor) paling lama berdiri di Kota Bandung. Yaitu sudah ada sejak awal tahun 1970-an. Pendirinya adalah Bapak H Isan. Riri dan Kingsley barangkali dua nama yang kerap muncul ketika berbicara batagor Bandung. Namun sesepuh dari keduanya adalah Batagor H. Isan yang sekaligus menjadi Batagor tertua di kota kembang. Bapak Isan merupakan perantau dari Purwokerto yang berjualan bakso tahu kukus keliling. Apabila jualannya tersebut tidak habis, agar tahan lama dan tidak basi ia menggoreng sisa dagangannya dan dibagikan ke tetangga sekitar kontrakannya di Gang Situ Saeur, Kopo, Bandung. Tak disangka-sangka tetangga H Isan menyakai baso tahu goreng. Banyak yang meminta pada H Isan untuk membuat bakso tahu goreng yang sama dengan yang dibagikan. Konon mulai dari sanalah makanan khas Bandung ini lahir.

Maka di awal tahun 1970an mulailah Bapak Isan membuka usaha batagor dikontrakannya. Pada tahun 1985 dagangannya yang semakin banyak penggemar pindah ke tempat yang lebih besar di Jalan Bojongloa No. 38. Sejak itu banyak yang meniru kuliner buatan Bapak H. Isan, sang pelopor batagor di Bandung. Selama bertahun-tahun Batagor H. Isan konsisten dalam mempertahankan cita rasa gurih dari tahu pilihan yang dipadu dengan adonan ikan tenggiri segar. Adonan ikan tenggiri, tepung aci dan bumbu-bumbu dimasukkan dalam tahu putih yang kemudian dibungkus tepung untuk digoreng. Nikmati ketika masih hangat, akan terasa kulit luar yang kering tapi bagian dalam batagor yang empuk nan gurih. Aroma ikan tenggirinya hadir tapi tidak terlalu kuat.

Warung Batagor H. Isan biasanya menyajikan Batagor tanpa dipotong-potong. Anda bisa memilih untuk mencocolnya dalam saus kacang yang lezat atau disiram kuah gurih. Setiap potong tahu dan siomaynya cukup besar dan mengenyangkan. Warga lokal sendiri cenderung menyukai Batagor ini dibandingkan dengan brand terkenal yang harga per pcs-nya cukup mahal. Sebagai pelopor kuliner Batagor, rasa lezat, ukuran besar, Batagor H. Isan hanya membandrol Rp. 2.500 per pcs-nya. Varian lain dalam penyajian Batagorini adalah batagor kuah. Jadi Batagor tidak disajikan dengan bumbu kacang, tetapi dalam kuah layaknya sajian mie baso. Batagor H. Isan juga menawarkan menu ini, tiga potong batagor ditemani 5 butir baso kecil disajikan dalam kuah panas yang segar. Cocok untuk melawan udara kota Bandung yang sejuk. Satu porsi Batagor Baso Kuah ini dapat dinikmati dengan harga Rp. 12.500,-.

Wisatawan luar kota tentu bisa memesan Batagor ini dalam jumlah besar sebagai oleh-oleh. Biasanya bumbu kacang dibungkus terpisah dalam keadaan kering dan hanya perlu ditambahkan sedikit air. Pesan saja batagor setengah matang, sehingga ketika sampai di rumah kita dapat menggorengnya lagi karena kenikmatan batagor ini memang ketika disantap selagi panas. Setiap hari Senin hingga Minggu Batagor H. Isan beroperasi pukul 09.00 – 19.00. Salah satu cabang Batagor H. Isan yang mudah dicapai adalah di Jalan Lodaya 85 dengan angkot jurusan Abdul Muis (Kalapa) – Caheum via Binong dan turun di Jalan Lodaya depan toko buku Palasari.

Batagor H Isan kini semakin berkembang. Gerainya tak hanya ada di Jalan Bojongloa saja tapi sudah menyebar ke pelosok kota Bandung. Batagor H Isan bisa diperoleh di Jalan Ibu Inggit Ganarsih No. 53, Jalan Lodaya No. 85, dan di Jalan Cikawao No. 27A Bandung. Batagor H Isan juga sudah bisa dinikmati di Jalan Margacinta dekat BRI, di depan Pujasera Margahayu, di Jalan M. Toha dekat PT Inti, kemudian ada di Jalan Terusan Cibaduyut dekat SPBU. Batagor H Isan juga ada di Jalan Setiabudi, dan di food stall di Gerobak Bandung Giant Pasteur.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bandung/batagor-isan-kering-luar-lembut-dalam.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.