Bebek Timbungan Kuliner Khas Bali yang Unik

Bebek Timbungan Kuliner Khas Bali yang Unik

Berbeda dengan bahan dasar masakan lain seperti daging ayam atau sapi, daging bebek saat ini belum banyak diolah dengan cara dan cita rasa yang berbeda. Tren masakan olahan bebek makin beragam di Pulau Bali. Wisata kuliner pun berwarna. Seperti di The Luwus di Secret Garden Village, Bedugul, Bali yang menyajikan olahan bebek yang lezat dengan unik yaitu Bebek Timbungan.

Di Bali sendiri, menu Timbungan yang kerap ditemui menggunakan bahan daging sapi, kerbau dan lain sebagainya. The Luwus menghadirkan inovasi terbaru penggunaan daging bebek. Menu Timbungan dikenal sebagai menu khusus sejak zaman dahulu yang hanya disajikan pada acara-acara tertentu. Kini, Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan menu ini karena kapanpun Anda dapat menikmati Bebek Timbungan di The Luwus Restaurant.

Timbungan merupakan salah satu cara memasak atau mengolah makanan dengan menggunakan bahan dasar daging hingga ikan yang telah dibumbui, selanjutnya dimasukan ke dalam potongan bambu. Bumbunya pun tentu racikan khas bumbu Bali berupa rempah-rempah atau biasa disebut masyarakat Bali, base genep. Proses memasaknya memakan waktu sampai seharian. Sekitar 15 jam, sajian bebek timbungan ini baru siap disantap.

Lamanya waktu memasak ini karena bebek setelah dibumbui dimasukkan ke dalam potongan bambu utuh melingkar dengan panjang sesuai badan bebek. Setelah dimasukan, bambu dikukus selama 10 jam. Seusai pengukusan, bambu kembali dimasukkan ke dalam bara kecil di antara sekam dan mirip pengasapan. Bambu pun mulai berubah warna karena proses pengasapan dengan bara ini selama sekitar 5 jam.

Bebek Timbungan memiliki tekstur daging yang empuk, dengan samar-samar terkecap aroma asap bekas pembakaran. Itu menjadi warna rasa tersendiri di sela-sela bumbu base genep. Tak terlalu pedas tetapi pas untuk berbagi kepada siapa saja. Anak-anak pun tak perlu khawatir kepedasan. Bebek Timbungan disajikan bersama beberapa macam sambal yaitu terasi, matah, dan varian sambal lain yang sangat spesial dan menggugah selera.

Sensasi dari menu ini adalah rasa dari rempah yang begitu terasa kuat. Sebakul tempat nasi panas dari bambu lengkap ditemani pemandangan persawahan sekitarnya bisa menjadi makan siang yang tak terlupakan. Pemandangan Secret Garden Village pada malam hari pun akan membuat Anda merasakan sensasi yang berbeda saat bersantap bersama orang-orang terdekat, pasangan maupun keluarga.

Satu sajian bebek timbungan dapat dinikmati untuk dua orang seharga Rp 225.000. Jika pemesanan setengah ekor, harganya jadi Rp 125.000. Pesanan lengkap dengan rangkaian tiga rasa sambal, sambal matah, sambal lombok goreng, dan sambal kunyit. Sayurannya kacang panjang kalas yang juga khas bumbu Bali. Resto ini menawarkan tak hanya makanan khas Bali. Ada menu ayam asap biru maru, nasi campur, lumpia semarang, sate ayam, soto sapi, gurami asam manis, nasi panggang, serta masakan Eropa dan Asia.

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bali/bebek-timbungan-kuliner-khas-bali-yang-unik.html
Comments
Loading...