Bencoolen Coffee, Tempat Yang Tepat Bagi Pecinta Kopi

Bencoolen Coffee

Daerah di Sumatera yang memiliki kopi yang khas, terbukti bahwa Sumatera merupakan surganya kopi. Sebagai salah satu minuman yang sangat popular di seluruh dunia, kopi memiliki 2 varian yaitu Robusta dan Arabica. Perbedannya sendiri terdapat pada aroma, tingkat keasamaan, kafein, dan rasa.

Soal rasa, Robusta memiliki rasa yang lebih seperti coklat, bau yang dihasilkan khas dan manis. Kopi Robusta tumbuh baik di ketinggian 400-700 m dpl dengan temperature 21-24°C  dan butuh waktu 10-11 bulan untuk proses bunga ke buah. Kalo Robusta memiliki rasa seperti coklat, kopi Arabica memiliki variasi kopi yang lebih beragam, dari manis dan lembut hingga kuat dan tajam. Kopi Arabica tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1700 m dpl dengan suhu 16-20°C.

Untuk aroma, sebelum disangrai aroma kopi Arabica seperti Blueberry, setelah disangrai beraroma buah – buahan dan manis, sedangkan Robusta sebelum disangrai beraroma kacang – kacangan. Namun sayangnya jarang sekali ditemukan Robusta dengan kualitas tinggi di pasaran. Mengetahui fakta tersebut “Bencoolen Coffee” hadir dengan produk kopi Robusta kualitas tinggi. 100% biji Robusta asli yang diolah secara tradisional tanpa menggunakan mesin. Kami pernah mencoba mengolahnya menggunkaan mesin, namun rasa yang dihasilkan sedikit mengecewakan. Kami sama sekali tidak merasakan rasa yang tradisional dan cenderung terlalu pahit dan tidak enak di lidah. Karena itulah kami memutuskan untuk tetap mengolahnya secara tradisional menggunakan wajan yang terbuat dari tanah dengan perapian kayu serta lumpang yang digunakan untuk menumbuk kopi. Jika anda pernah melakukan pengolahan kopi, anda pasti tau rasa dan aroma yang diciptakan dari kopi yang diolah secara tradisional dan kopi yang diolah menggunakan mesin memiliki perbedaan.

Salah satu daerah penghasil kopi di Sumatera. Salah satunya adalah Curup-Bengkulu. Curup merupakan nama dari sebuah kota kecil yang merupakan sentra penghasil kopi di daerah Bengkulu. Bagi yang penasaran berikut penampakannya :

Disini juga tersedia menu:

Indah bukan?, yup Curup merupakan daerah dataran tinggi yang ada di Bengkulu. Kota kecil ini memiliki beberapa tempat wisata yang masih perawan salah satunya Telaga 7 warna, untuk sampai ke tempat ini travelers harus berjalan kaki melewati hutan dan perkebunan kopi. Jika anda berkunjung ke kota kecil ini, kalian akan menemukan perkebunan kopi dimana – mana, karena mayoritas masyarakat Curup merupakan petani kopi. Mereka biasanya mengolah kopi secara tradisional untuk konsumsi keluarga saja. Dan disinilah cerita Bencoolen Coffee dimulai.

Sama seperti warga lainnya keluarga kami mengolah kopi untuk konsumsi keluarga saja. Hal itu menjadi sebuah tradisi turun temurun dari nenek moyang saya yang dimulai tahun 1936 hingga sekarang. Salah satu hal yang membuat tradisi ini bertahan adalah ketika tahun 1952 nenek saya menikah dengan seorang tentara Indonesia (kakek saya) yang ayahnya adalah orang Jepang yang sangat mencintai minuman kopi. Seperti yang diceritakan kakek saya, ayahnya sangat menyukai pesta. Dimasa itu dia sering mengundang teman – temannya untuk sekedar minum kopi dan teh bersama. Uniknya, ayahnya dan teman – temannya lah yang mengolah kopi itu sendiri sebagai bagian dari pesta minum kopi dan teh tersebut. Mendengar cerita itu saya membayangkan bertapa nikmatnya secangkir kopi segar tersebut. Diolah dan diminum dihari yang sama, sungguh nikmat sekali. Karena kopi yang diolah keluarga kami merupakan kopi organic yang bebas dari bahan kimia pembunuh hama, ampas kopi dari pesta kopi teh tadi tidak dibuang, melainkan disimpan untuk dijadikan masker dan penghalus telapak tangan dan kaki  oleh ibu dari kakek saya. Saya sendiri juga sering menggunakan ampas kopi ini sebagai scrub untuk menghaluskan kulit saya.“ujar pemilik resto bencoolen cofee”.

Alamat

Jl. BRI RT04 RW02 Kelurahan Jitra, Kec. Teluk Segara, Ps. Jitra, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38115

Source pegimakan bencolancofee
Comments
Loading...