Bir Kocok Minuman Hangat Khas Bogor

Bir Kocok Minuman Hangat Khas Bogor

Bir yang biasanya identik dengan alkohol ini ternyata berbeda dengan bir yang anda temukan di Bogor. Bir Kocok yang biasa dijajakan di Gang Aut Suryakencana ini masih asing terdengar oleh pengunjung dari kota lain. Anda hanya bisa menemukan Bir Kocok di dekat Gang Aut, Jalan Suryakencana, dan di Jalan Roda Bogor. Bir ini tidak dijual di kafe, bar, atau pun restoran, tapi di gerobak pinggir jalan.

Bir Kocok ini bukan seperti bir-bir biasanya yang memabukan dan mengandung alkohol, akan tetapi Bir Kocok ini adalah salah satu minuman warisan dari nenek moyang kita yang memiliki sangat banyak khasiat. Bir Kocok ini terbuat dari rempah-repah seperti jahe, kayu manis, dan juga gula aren. Mengapa disebut Bir Kocok ? karena pembuatan minuman ini dikocok, lalu buih busa yang mirip minuman beralkohol ini muncul. Bir Kocok ini juga bisa disajikan baik dingin maupun hangat, Bir Kocok ini walupun disajikan dingin dengan es batu akan tetapi rasa hangatnya masih terasa sampai keseluruh tubuh.

Bir Kocok berkhasiat untuk memperlancar sirkulasi darah. Dengan bahan-bahan terpilih, kehangatan Bir Kocok si Abah ini konon lebih kuat dari pada minuman jahe biasa. Rahasianya adalah resep yang masih dipertahankan turun temurun dan tanpa tambahan bahan pengawet. Eman, adalah generasi ke 3 yang saat ini meneruskan usaha kakeknya yang berjualan minuman ini sejak tahun 1965. Dengan modal resep asli dari leluhur, Eman mampu bertahan hingga kini.

Rasa Bir Kocok ini mirip dengan Bir Pletok khas Betawi. Bedanya hanya pada warna saja yang lebih coklat. Minuman ini lebih cocok dinikmati saat cuaca panas karena dinginnya es batu berpadu dengan hangatnya rempah-rempah menciptakan citarasa yang unik dan khas. Bagi anda yang sedang berkunjung ke Bogor dan penasaran dengan Bir Kocok ini bisa merogok kocek seharga Rp3.000-Rp 5.000 untuk setiap satu plastik bir kocok dan Rp 10 ribu untuk satu botol bir bila ingin di bawa pulang.

Source https://ksmtour.com/informasi/ https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bogor/bir-kocok-minuman-hangat-khas-bogor.html
Comments
Loading...