Bolu Cukke! Cupcake Tradisional Khas Sulawesi Selatan

Bagi masyarakat Sulawesi Selatan, kue khas bugis Bolu Cukke mungkin sudah nggak asing lagi. Kudapan yang terbuat dari gula merah dan tepung itu. Kue yang didominasi rasa manis yang bersumber dari gula merah ini diyakini sebagian orang mampu meningkatkan stamina tubuh, karena mengandung karbohidrat yang cukup. Gula merah juga dinilai kaya akan zat besi yang dibutuhkan tubuh.

Kue Bolu Cukke juga dikenal nama Beppa Golla Cella atau kue yang terbuat dari gula merah. Adapun disebut Bolu Cukke, karena saat mengangkat dari cetakan, harus dicungkil atau cukke dengan alat khusus. Uniknya, proses pembakaran masih menggunakan cara yang tradisional yakni menggunakan kayu bakar lho Sobat Millennials Cakapcakap. Bolu Gula merah dengan harga Rp 12.500.

Kue yang berasal dari Sulawesi Selatan ini memiliki bahan utama tepung beras dan juga gula merah. Gula outih yang ditaburkan di bagian atas bolu ini sungguh menggugah selera. Rasa manis dan teksturnya yang lembut membuat bolu cukke ini enak untuk dijadikan kudapan disaat mengobrol dengan teman atau sewaktu nyantai bareng keluarga.

Kue bolu yang satu ini banyak ditemukan di Kampung Lajoa, Kecamatan Marioriwawo, Soppeng, Sulawesi Selatan. Disini, kamu bahkan bisa melihat para pembuat bolu cukke sedang membuat kue bolu favorit masyarakat bugis ini. Dengan harga yang terjangkau, kue bolu cukke menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Provinsi yang memiliki julukan kota Daeng ini.

Source http://www.cakapcakap.com http://www.cakapcakap.com/bolu-cukke-cupcake-tradisional-khas-sulawesi-selatan/http://www.cakapcakap.com/bolu-cukke-cupcake-tradisional-khas-sulawesi-selatan/
Comments
Loading...