Bubur Gunting, Tempat Sarapan Enak Kuliner Singkawang

Bubur gunting adalah masakan dari olahan tepung beras ketan dengan campuran air kapur sirih, air daun saji dan beberapa bahan pelengkap lainnya yang dibentuk dengan diameter memanjang lalu dipotong-potong dengan cara digunting kemudian direbus bersama dengan campuran santan kelapa, sisiran gula merah serta gula putih halus sampai menjadi matang sehingga diberilah nama bubur gunting.

Menu masakan bubur gunting ini dapat anda sajikan sebagai menu sarapan pagi sebagai pengganti menu sarapan pagi biasanya yaitu nasi uduk, soto ayam atau bubur ayam.

Apa yang berbeda dari bubur gunting ini dibanding bubur lainnya? Tentu sensasi rasanya yang berbeda. Di antara bubur-bubur gurih (seperti bubur padas dan bubur bakso) yang ada di Singkawang, bubur gunting hadir untuk menghangatkan perut dengan memberikan sensasi manis dan lembut di lidah.

Menariknya, meski kuah yang disiram merupakan kuah kacang hijau, tapi warna airnya gak keruh dan berwarna hijau loh.

Jadi ternyata kacang hijaunya ini sudah dicuci bersih dan dipisahkan dengan kulitnya yang berwarna hijau. Jadi pas di rebus nanti gak mengeluarkan warna hijau, kemudian tekstu kacangnya ini gak hancur loh, cantik! Selain itu, campuran tepung kanji/sagu pada kuah bubur membuat kuah bubur menjadi agak kental dan cocok banget disiram di atas cakwe yang sudah digunting.

Cakwenya sendiri di sini ada dua jenis, ada yang renyah dan ada yang empuk. Keduanya akan memberikan sensasi berbeda pula saat dimakan.

Jangan coba-coba datang siang untuk mencicipi bubur khas Kota Singkawang ini, karena biasanya jam 10 atau 11 pagi sudah habis. Iya lah jelas orang enak, apalagi dimakan saat hujan  di bawah pohon.

Kalo kamu ke Singkawang, jangan lewatkan kuliner yang bisa bikin hangat perut ini. Dari bubur ini,  seperti merasakan kehangatan dan manisnya suasana Kota Singkawang. hangatnya keharmonisan dan manisnya kerukunan antar umat beragama yang ada di kota dengan mayoritas penduduk dengan etnis Tionghoa ini.

Andai semua daerah di Indonesia bisa menerapkan hal yang serupa. Pasti gak cuma Kota Singkawang yang menjadi kota paling toleran ketiga di Indonesia, tapi satu Indonesia akan menjadi negara paling toleran di dunia.

Alamat : Jl. P. Antasari, Pasiran, Singkawang Bar., Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111

Buka

08.00-13.00

Source Pegimakan.id siochoy.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.