Bubuy Ayam Kuliner Legendaris dari Kota Subang

Subang adalah salash satu Kabupaten/Kota yang berada di Jawa Barat, di Subang terdapat sejarah yang panjang dari berbagai sisi, mulai dari penyebran Hindu dan Buda, Islam, masa saat di jajah Jepan dan masa kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain mempuyai catatan sejarah yang panjang dan lengkap Subang juga menjadi salah satu Kota pilihan masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya untuk megisi waktu liburan. Karena di Subang terdapat banyak sekali obyek wisata alam, maupun yang modern. Rata-rata tempat wisata yang ditawarkanpun kebanyakan adalah wisata air, mulai dari Curug, pemandian air hangat, dan tempat wisata air lainnya. Tidak hanya tempat wisata alamnya saja, Subang juga mempunyai banyak kuliner yang tidak kalah menarik untuk dinikmati. Salah satunya yaitu Bubuy Ayam Subang.

Bubuy istilah bahasa Sunda kira-kira artinya memasukkan sesuatu makanan (biasanya ubi) ke dalam abu panas bekas tungku supaya matang. Bubuy  adalah olahan daging yang dimasak dengan memendam daging ayam ke dalam bara selama kurang lebih 6 hingga 8 jam. Bahan yang digunakan adalah ayam kampung, Ikan Mas atau entog segar yang sudah dibersihkan lalu dibumbui dengan berbagai rempah-rempah seperti sereh, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun kemangi, kunyit, lengkuas, daun salam dan lainnya. Lalu dibungkus daun pisang sebanyak tujuh lapis.

Proses memasak dengan cara tradisional ini dipertahankan agar membuat cita rasa bubuy hayam terjaga. Lamanya proses memasak ini membuat tekstur daging ayamnya menjadi begitu lembut dan bumbunya meresap. Proses ini sebenarnya umum dilakukan untuk memasak umbi-umbian, namun sangat jarang dilakukan untuk memasak olahan lainnya, apalagi ayam.

Bubuy biasanya disajikan dengan lalapan timun dan Tespong (bentuknya mirip seledri namun memiliki citarasa seperti kemangi atau daun pohpohan yang memiliki aroma mint) ditambah dengan sambel tomat yang pedas segar yang dimasak dengan lengkuas sehingga memiliki citarasa yang wangi. Hanya dengan merogoh kocek Rp 100.000 saja untuk seekor Bubuy Ayam dan Entog serta Rp 75.000 untuk 1 kg Bubuy ikan Mas.

Untuk bisa menikmati makanan khas subang ini bisa kita temukan di D’Bubuy Ma Atik yang berlokasi di Jl. Letjen Suprapto Gang Kenanga II No. 20, RT.15 / RW.04, Cigadung, Kec. Subang, Kabupaten Subang.

Selamat mencoba.

Source Pegimakan Bubuy Ayam Ma Atik
Comments
Loading...