Cakalang Fufu, Ikan Terkenal Seantero Indonesia Timur

Pecinta makanan pedas cobalah makanan yang satu ini, makanan ini bernama cakalang fufu. Makanan yang merupakan khas Kota Manado ini terbuat dari ikan cakalang yang mengalami proses pengasapan. Proses pengasapan di Manado disebut fufu, kata fufu inilah yang menjadikan makananan ini terkenal dengan sebutan cakalang fufu.

Banyaknya pasokan ikan membuat warga di daerah pesisir mengawetkan ikan tersebut. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibersihkan dan dibuang sisiknya. Kemudian dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu. Proses pengasapan ini sendiri memakan waktu 4 jam.

Jika diproses secara tepat cakalang fufu dapat tahan disimpan dalam suhu ruang selama satu bulan, dengan demikian makanan ini dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia sebagai pangan hidangan laut olahan dan menjadi hidangan yang sangat terkenal di seantero Indonesia Timur.


Cakalang fufu dapat dikonsumsi dengan cara dipanaskan dan digoreng sebentar dalam minyak panas dan langsung dimakan dengan nasi dan dabu-dabu (sambal Minahasa) atau menjadi bahan untuk memasak hidangan lainnya. Suwiran daging cakalang fufu dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mie cakalang, atau dimasak rica-rica dengan cabai.

Harga Cakalang Fufu

Harga per ikan bervariasi tergantung dari besarnya, biasanya berkisar antara 35.000 sampai 65.000 Rupiah.

Lokasi

Jika Anda tertarik membelinya, komoditi ikan cakalang banyak dijumpai dan menjadi sentra penghasil ikan cakalang terbesar di pelabuhan nelayan Bitung, Sulawesi Utara.

Di sana banyak sekali tempat makan yang menjajakan ikan cakalang ini dengan olahan khas Manado. Dari pagi sampai sore hari Anda bisa memilih dan berkuliner ikan cakalang.

Karena daging ikan ini terasa lezat dan empuk, tak heran jika ikan cakalang banyak diburu dilautan dan dibawa ke daratan lalu diolah menjadi berbagai sajian olahan ikan baik itu diawetkan terlebih dahulu dengan cara pengasapan sampai mengemasnya ke dalam wadah kaleng untuk kemudian dipasarkan.

Selamat berwisata kuliner pegimakan lovers.

Sumber gambar: katalogwisata.com

pegimakan.id

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.