Cita Rasa Serombotan Klungkung khas bali

Salah satu makanan tradisional khas dari Bali, yang sangat populer di kalangan masyarakat Bali, nama makanannya itu adalah Serombotan. Makanan yang satu ini cukup populer di Bali tidak kalah dengan ayam betutu ataupun sama sate lilit, serombotan khas bali ini juga sangat terkenal di daerah asalnya yaitu di daerah Klungkung.

Serombotan adalah kuliner khas Bali yang sederhana, murah dan meriah. Kuliner yang satu ini berbahan sayuran dengan bumbu yang pedasnya menambah kenikmatan. kelengkapan sayuran serombotan yaitu kangkung, kacang panjang, tauge dan pare. Sayur ini direbus secara terpisah,untuk menghidangkannya ditaburi dengan parutan kelapa yang disangrai dan kacang hijau goreng yang oleh orang Bali dinamakan kacang mentik. Dari bumbunya ada 3 jenis bumbu serombotan yang khas dari klungkung ini yaitu diantaranya ada bumbu dari kelapa parut atau sambal kelapa parut atau orang bali bilang dengan sebutan sambel nyuh, sambel nyuh ini berisi sudah pasti kelapa parut, tapi sebelum di parut kelapa harus di bakar terlebih dahulu sampai ada hangus – hangusnya sedikit, setelah itu di campur dengan bawang putih, cabai, garam, terasi, dan sedikit gula aren yang telah dihaluskan.  kedua ada bumbu kacang, yang ketiga yaitu “uyah sere lemo” yang terdiri dari garam, jeruk purut, cabai dan juga terasi.

Harganya juga cukup murah, jika hanya serombotan saja sekitar Rp 3.000, tapi jika ditambah ketupat harganya mencapai Rp 6.000. Salah satu penjual Serombotan yang berasal dari Desa Sampalan Tengah Kabupaten Klungkung. Daerah pemasaran serombotan tidak serbatas hanya di Klungkung, namun telah menyebar sampai ke daerah-daerah lainnya di daerah Bali. Bahkan sudah dijual di swalayan di kota Denpasar namun keasliannya masih belum bisa menyaingi serombotan Klungkung.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Serombotan
Comments
Loading...