Dawet Suronatan, Kuliner Legendaris Khas Madiun

Es dawet, salah satu kuliner andalan kota Madiun, Jawa Timur yang wajib Anda cicipi saat Anda berkunjung ke kota gadis ( julukan dari kota Madiun). Salah satunya adalah Es dawet Suronatan. Es dawet atau disebut juga dengan es cendol, adalah minuman manis yang berisikan dawet atau cendol yang terbuat dari tepung beras. Namun disini penyajiannya berbeda, es dawet disuguhkan kedalam mangkok kecil bukan gelas.

Jangan bayangkan minuman manis berisikan cendol hijau dengan kuah gula merah dan santan ya, karena es dawet khas Madiun berbeda dari es cendol pada umumnya. Es dawet suronatan yang legendaris ini berisikan bubur sumsum putih, bubur ketan hitam, sepotong tape singkong dan sedikit cendol berbentuk bulat-bulat bukan lonjong, berwarna merah yang disiram dengan santan encer dan gula jawa cair. Tidak lupa 2 potong es batu disertakan kedalam mangkok semakin menambah kesegaran menyeruput minuman manis legit ini di siang hari yang terik.

Depot es dawet Suronatan yang konon telah berdiri sejak tahun 1960 ini terletak dibelakang alun-alun kota Madiun tepatnya di kawasan perumahan, yaitu di jalan Merbabu No.10 Madiun. Disini Anda baru dilayani bila Anda langsung memesan dan membayar pesanan Anda ke kasir. Tidak perlu menunggu lama, pesanan langsung diantar ke meja dan bisa dinikmati. Selain menyediakan es dawet tersedia pula es blewah dan makanan seperti rawon, soto ayam kampung, gado-gado dan bakso.

Nah selain kuliner es dawet, penulis ingin sedikit berbagi cerita tentang bakso yang sangat populer di kota Madiun, Mlilir dan sekitarnya. Bakso, camilan berkuah yang mudah sekali ditemukan dan dijual disini baik itu pedagang bakso keliling ataupun depot bakso dipinggir jalan. Bakso yang dijual disini khususnya di Madiun sedikit berbeda dari biasa yang dijual di Jabodetabek ataupun Bandung, bakso khas Madiun adalah bakso kuah daging sapi yang berwarna coklat muda bukan coklat pekat yang disajikan dengan soun bukan bihun bersama daun seledri cincang dan taburan sedikit bawang goreng diatasnya.

Es dawet Suronatan buka mulai jam 8 pagi hingga jam 4 sore saja. Sebaiknya hindari berkunjung kesini saat jam makan pagi atau siang, karena depot ini sering dipenuhi pengunjung dan bila Anda membawa kendaraan pribadi seperti mobil, parkirannya yang sempit dan hanya bisa parkir paralel membutuhkan kesabaran untuk bisa parkir disekitar area depot

Source Pegi Makan suka dapur

Leave A Reply

Your email address will not be published.