Dodol Amurang Manis Makanan Khas Kota Manado

Hai Pegimakan Lovers, suka dodol? Eits bukan lagi dodol Garut ya. Dodol Amurang dari Minahasa, Manado. Dodol merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang cukup populer ialah sejenis makanan yang boleh dikategorikan dalam kumpulan makanan yang manis (atau manisan/penganan). Dodol sangat terkenal di Melaka dan di Muar, Johar. Membuat dodol boleh dikatakan amat rumit. Sehingga kebanyakan orang tua lah yang membuatnya.

Amurang sendiri merupakan salah satu daerah di Minahasa Selatan. Jadi, Dodol Amurang adalah dodol asli buatan tangan masyarakat Amurang. Biasanya disajikan saat acara pengucapan syukur warga Minahasa, Sulawesi Utara. Pengucapan syukur merupakan tradisi masyarakat Minahasa, yang dirayakan setelah keberhasilan panen pertanian.

Rasanya yang enak seperti Jenang Jawa dengan warna kecoklatan dibuat dari bahan alami seperti gula aren, beras ketan yang dihaluskan dan minyak kelapa murni. Di masak di atas api dengan kadar panas tidak kurang dari 120 ° Celcius. Terkadang dodol Amurang ditaburi kacang atau kenari yang menambah citarasa dodol tersebut. Terkadang dodol Amurang juga disebut dodol kenari.

Kenari sendiri merupakan tumbuhan berpotensi ekonomi yang merupakan anggota suku Burseraceae. Tumbuhan ini berasal dari kawasan Malaysia Timur dan diambil buahnya untuk dimakan, terutama bagian dalam bijinya. Daerah asalnya terutama adalah Maluku sampai Vanuatu.

Cita rasa khas dodol Amurang adalah kandungan anais dan kayu manis yang tidak dapat dijumpai pada dodol lainnya. Selain itu dodol Amurang juga dibungkus menggunakan daun Janur atau daun kelapa. Berbeda dengan dodol Garut yang biasanya dibungkus menggunakan daun jagung yang telah dikeringkan.

Harga
Harga dodol Amurang sangat bervariasi. Mulai dari Rp. 500,- sampai Rp. 1.000,-.
Lokasi
Bagi para Pegimakan Lovers yang sedang atau ingin berkunjung ke Manado, bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Markas Dodol Amurang. Nah, bagaimana menarik bukan untuk dijadikan buah tangan bagi keluarga tercinta saat berwisata ke Manado.

Selamat berkuliner Pegimakan Lovers.

Source Pegi Makan Dodol Amurang

Leave A Reply

Your email address will not be published.