Enaknya Kaoya Dudul Cemilan Khas Rembang Jawa Tengah

Enaknya Panganan Kaoya Dudul Jajanan Tradisionas Khas Rembang. Salah satu jajanan khas tradisonal Kabupaten Rembang yang mulai jarang ditemui adalah kaoya lontar atau masyarakat di Rembang sering menyebutnya kaoya dudul. Pasalnya, untuk memakan kue kering itu anda harus “ndudul” atau menekan salah satu sisinya agar bisa keluar dari lontar dan bisa dimakan. Kaoya dudul ini adalah kue yang rasanya manis dan gurih.Di Rembang para pembuat kaoya lontar banyak ditemui di Desa Sendangmulyo, Kecamatan Gunem, itu kini mulai mengkreasikan bahan lain, Yakni kacang hijau. Sama seperti beras ketan, kacang hijau

terlebih dahulu disangrai dan digiling hingga halus. setelah halus tapung kemudian dicampur dengan gula putih dan gula jawa. Saat mencampurkan gula jawa diperlukan kesabaran ekstra tinggi. Sembari memasukan potongan gula jawa, adonan terus saja diremas-remas dengan tangan hingga menjadi pulen. Suhu yang dingin membantu adonan cepat pulen. Warga Sendanngmulyo menggunakan cetakan sekaligus bungkus kaoya menggunakan daun lontar. Itulah sebabnya, jajanan itu akrab disebut kaoya lontar, karena memang terbungkus daun lontar. Daun inilah yang menambah bau harum pada kaoya. Daun lontar masih banyak ditemukan di wilayah Kabupaten Rembang, atau pun dijual di pasar seharga Rp 7.000/ikat.

Setelah agak layu, daun lontar dipotong dalam ukuran tertentu dan disayat hingga duri halusnya hilang. Setelah itu dibentuk sedemikian rupa hingga saat diisi adonan, mampu membentuk seperti daun semanggi dengan enam ruasnya. Kaoya lontar berbahan dasar tepug beras ketan dipatok harga Rp 650/kue. Sedangkan untuk kacang hijau Rp 750/kue.Untuk pemesanan minimal 100 kue baru bisa dilayani.

Sayang, kaoya lontar tak dijual bebas di toko-toko kue atau pun pasar dan hanya banyak ditemui saat ada acara hajatan seperti sunatan, Nikahan, acara Seserahan Lamaran dlsb. Karena minimnya modal dan akses pemasaran sehingga menyebabkan para pembuatnya hanya bisa menunggu saat ada pesanan saja. Semoga Enaknya Panganan Kaoya Dudul Jajanan Tradisionas Khas Rembang ini akan terus bertahan sebagai makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti makanan khas dari daerah lainnya.

Source http://rembangfokus.blogspot.co.id/
Comments
Loading...