Enaknya Kare Rajungan Manunggal Jaya

Enaknya Kare Rajungan Manunggal Jaya

Kare, mungkin selama ini sebagian besar dari kita mengenal menu kare dengan daging ayam sebagai bahan utamanya. Namun hal berbeda akan kita temukan jika sedang bertandang ke kota Tuban yang menjadi salah satu daerah pesisir Pantai Utara Jawa Timur. Lokasinya yang berdekatan dengan lautan, membuat kota Tuban dipenuhi warung makan yang mayoritas menyajikan hidangan seafood. Lihat saja di sepanjang jalan depan Klenteng Kwan Sing Bio, ada cukup banyak para pedagang kaki lima yang menyajikan menu seafood.

Kare rajungan yang sudah cukup kondang, terutama di Kota Tuban ini. Berlokasi di Jl. Manunggal dengan nama Kare Rajungan Manunggal Jaya, untuk menemukan lokasinya tidaklah terlalu sulit. Warung sederhana yang memiliki lahan parkir yang tidak terlalu luas ini berada di Timur jalan raya, tepat di depan depan SMAN 3, Tuban dan bersebelahan dengan kantor Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tuban.

Bentuk bangunannya memang seperti rumah makan, tapi pemiliknya menolak jika warung sederhana ini disebut sebagai sebuah rumah makan. Berdiri sekitar 28 tahun yang lalu, kare rajungan kreasi Ibu H. Suartiah dan H. Suarni diterima dengan baik oleh masyarakat, mulai dari kota Tuban hingga mereka yang berasal dari kota-kota lain.

Memotong bagian-bagian rajungan untuk mendapatkan daging yang bersembunyi dibalik kulitnya. Kuahnya memang sangat pedas menggigit bibir dan terus menempel, tapi dagingnya lembut, gurih, manis dan bumbu rempahnya meresap hingga ke dalam. Sedangkan untuk tingkat kepedasannya sedikit di bawah kuahnya meski tetap saja masih sangat pedas. Ada yang berkeringat, wajah memerah dan sampai menambah air minum lagi sebagai penawar rasa pedas.

Source https://www.wisatakuliner.com https://www.wisatakuliner.com/kare-rajungan-manunggal-jaya/
Comments
Loading...