Es Gandul Tali Merang Es Legendaris Sejak Jaman Penjajahan

Es Gandul Tali Merang Es Legendaris Sejak Jaman Penjajahan

Es Gandul Tali Merang, begitulah sebutan dari jajanan unik ini. Kalau di masa sekarang sudah sangat jarang lagi untuk di temui, karena ini adalah jajanan yang sangat jadul. Untuk Anda yang rindu mencicipi kuliner tempo dulu, es ini biasa ditemukan dalam acara event tahunan pesta rakyat Malang yaitu Malang Tempo Doloe. Selain itu juga bisa ditemukan di Pasar Kangen Jogja.

Disebut Es Gandul Tali Merang karena es serut yang dikepal dan diberi sirup manis kemudian diikat dengan tali merang sehingga es tersebut akan bergoyang, jadi cara makannya dari bawah terlebih dahulu dengan mengangkat tali merangnya kemudian dihisap. Semakin di hisap rasa manis dari sirup merang akan habis seiring dengan mencairnya es batu yang dibentuk. Tali merang sendiri sebenarnya adalah bagian dari padi, yaitu batang padi yang memang biasa digunakan untuk aksesoris, topi, tali, dan lain sebagainya.

Es Gandul ini telah ada pada zaman perjuangan, dibuktikan dengan adanya puisi jawa atau tembang Jawa kala itu. Puisi Jawa yang ada sejak zaman perjajahan ini memang digunakan untuk menyindir kompeni yang hanya mengeruk keuntungan rakyat Indonesia. Harga Es Gandul hanya mulai Rp. 500 hingga Rp. 2.000 rupiah saja. Untuk membuat Es Gandul hanya dengan empat bahan: es serut, sirup sesuai selera, cetakan es bundar, stik ice cream. Es batu yang sudah di parut, lalu dipadatkan kembali dengan plastik berbentuk bundar, dengan tangkai di tengahnya, dan es tersebut di siram dengan sirup. Untuk rasa sirup Anda bisa menggunakan sirup apa pun sesuai selera Anda.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-malang/gandul-tali-merang-legendaris-sejak-jaman-penjajahan.html
Comments
Loading...