Es Laksmana Mengamuk Si Segar Menggoda Dari Riau

Minuman Tradisional Ini Memiliki Rasa yang Khas
Ditengah hiruk pikuk kegiatan sehari-hari tentunya anda ingin menikmati sesuatu yang segar untuk melepas dahaga. Jika anda pecinta kuliner bosan dengan minuman yang itu-itu saja dan ingin menikmati kuliner baru, anda bisa mencoba minuman Es Laksmana Mengamuk (biasanya juga disebut Laksamana). Minuman ini adalah minuman khas masyarakat melayu Riau.

Nama minuman ini memang terbilang cukup unik dan tak biasa, terutama bagi Anda yang pertama kali mendengarnya. Anda akan dibuat bertanya-tanya dibalik nama minuman tersebut. Konon cerita dulu ada seorang laksamana yang mengamuk disebuah kebun kuini. Ia mengamuk lantaran istrinya dibawa kabur oleh si pemilik kebun kuini tersebut. Untuk melampiaskan kemarahannya, sang laksamana menebaskan pedangnya kesegala arah. Akibatnya buah kuini pun berjatuhan ketanah. Setelah sang laksamana pergi, orang-orang di sekitar kebun kuini mengambil puluhan kuwini yang jatuh ke tanah. Pada awalnya, mereka sempat bingung mengenai akan diapakan semua kuwini yang telah kumpulkan.

Akhirnya, seorang wanita mencampurkan potongan-potongan buah kuwini itu dengan santan dan gula. Kemudia minuman itu dibagikan untuk warga sekampung. Ternyata orang-orang menyukai rasa minuman tersebut dan dengan cepat menyebar ke seluruh pelosok. Untuk mengenang sejarah asalnya minuman itupun diberi nama “Laksamana Mengamuk”.

yakni aroma mangga kweni bakal menggoda Anda untuk mencicipinya. Kuwini adalah sejenis mangga yang memiliki daging buah yang lembut dan aroma yang harum. Kini, Laksamana Mengamuk menjadi minuman khas yang sering disajikan pada acara perjamuan, buka puasa, dan perayaan hari besar lainnya. Bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi kenikmatan kuwini asli Riau yang dipadu dengan legitnya santan dan gula, dan dihidangkan dengan es, minuman ini bisa dijumpai di berbagai rumah makan atau restoran Di Pekanbaru Riau.

Source pegi Makan tribunnews
Comments
Loading...