Food Fighters Blok M, Berburu Makanan di ‘Food Court’ Nuansa Industrial

Kali ini Anda patut melirik area baru yang berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Adalah Food Fighters, sebuah konsep unik untuk bersantai, mengobrol dan menghabiskan waktu luang dengan pilihan kuliner yang dikembangkan oleh para pengusaha muda lokal. Konsepnya mirip food court, yaitu tempat yang menaungi beberapa tenant namun suasananya dibuat unik dan khas anak muda. Tempat semi outdoor ini ditata ala industrial namun dengan sentuhan vintage. Nuansa vintage datang dari mural-mural bergambar piksel, layaknya game komputer yang sempat populer di era 80 hingga 90-an.

Mural berwarna-warni itu menghiasi tiap sudut dinding, lantai hingga detail-detail ‘tersembunyi’ seperti pada tiang, kursi serta meja. Begitu masuk, Anda akan disambut dengan tulisan berbentuk piksel-piksel ‘FOOD FIGHTERS‘ pada dinding utama. Terdapat dua karakter game komputer di bawahnya, seorang pria sedang memegang mangkok makanan dengan pose menendang. Satu lagi gambar karakter yang lebih kecil terlihat sedang memegang pop sicle. Pada sebelah kiri dinding, terdapat tulisan yang berbunyi, ‘Aku kenyang kamu kenyang semua senang’. Dinding area ini dibuat dengan gaya unfinished, yaitu penampakan dinding semen tanpa plitur maupun dicat. Ada pula bagian yang tampak terbuat dari lempengan besi bergelombang yang biasa digunakan untuk badan truk atau kontainer.
Begitu juga dengan kursi serta meja yang mengingatkan pada bangku-bangku besi sekolah zaman dulu. Kursi terkesan vintage dengan beberapa sisi yang terlihat sudah berkarat. Sementara meja, terbuat dari kayu dengan kaki-kaki besi. Bahkan ada pula meja yang ‘hanya’ ditopang dengan drum besar dicat warna-warni. Meskipun terkesan seperti ‘gudang’ dan bangunan lama, tidak tampak suasana suram. Penempatan gambar mural berwarna-warni mungkin yang membuat tempat yang banyak didatangi anak muda ini terlihat playful. Untuk makanan, jangan khawatir akan kehabisan ide dalam memilih menu. Di tempat ini terdapat sekitar 10 tenant dengan jenis makanan yang berbeda satu sama lain. Masing-masing tenant memang tidak diperbolehkan menjual jenis dan konsep makanan yang sama. Tujuannya agar tidak ada persaingan yang kurang sehat antar tenant.

Sekitar 80 persen booth makanan yang ada di Food Fighters merupakan ekspansi dari tenant yang juga mengisi tempat di Pasar Santa. Jadi bisa dibilang, tempat ini merupakan ‘versi mini’ dari food court yang berada di bilangan Senopati itu. Nama-nama seperti Mie Chino, Sloppy Bro, Zucker Waffle, Oma’s Kitchen tentunya sudah tak asing lagi bagi para pencinta kuliner yang sering mampir ke Pasar Santa maupun bazaar makanan yang kini marak diadakan di Jakarta. Ada pula Black Jack; burger hitam berbahan arang, Judas Kitchen untuk yang menyukai makanan sehat, Kopi Pasar, Yipiko Wings, Bonara Pasta dan Papricano yang menyajikan makanan khas Meksiko.

Berbagai pilihan makanan pun akan Anda temui. Sebut saja mie karet dengan citarasa khas Mie Chino, burger disajikan bersama keripik kentang dengan saus beraroma wasabi yang gurih dari Sloppy Bro dan pasta home made dari Bonara yang nikmat. Sate Bumbu Oma buatan Oma’s Kitchen. Sate daging atau ayam dimarinasi bumbu khas Sumba, Nusa Tenggara Timur yang pedas manis. Bumbu menyerap hingga ke dalam daging sehingga rasanya sangat lezat ketika dinikmati.

Untuk minuman, Anda bisa memesannya di Beverages by Food Fighters. Di tempat ini, booth minuman hanya ada satu yang di-manage oleh manajemen Food Fighters sendiri. Pilihan minumannya mulai dari es teh beraneka rasa, milk shake, mocktail hingga minuman unik yang dinamai Kakigori. Minuman ini merupakan es serut dengan topping agar-agar, rumput laut, pop corn, biskuit stik, es krim dan permen kapas. Cukup cantik untuk difoto dan di-posting di Instagram, rasanya pun cukup menyegarkan.

Hasil gambar untuk Food Fighters Blok M,

Meskipun tanpa AC dan pendingin udara hanya berupa kipas angin, tempat ini cukup nyaman karena ruangannya cukup luas dan tidak berhimpitan. Jarak antara kursi satu dengan kursi lainnya dibuat lebar sehingga mudah untuk berlalu lalang. Jika ingin tempat dengan hembusan angin alami yang lebih segar, bisa memilih duduk di area luar dengan kursi-kursi serta meja kayu. Jika ingin mencoba banyak makanan, sebaiknya Anda datang di siang hari, mulai pukul 11.00.

Hasil gambar untuk Food Fighters Blok M,

Menjelang sore, tempat ini akan sangat ramai dan mencari tempat duduk yang nyaman mungkin akan sedikit sulit. Harga makanan dan minuman di sini terbilang terjangkau. Minuman mulai dari Rp 10 ribuan, sementara makanan mulai dari Rp 15 ribuan, dengan kualitas rasa yang baik juga porsi mencukupi. Food Fighters berlokasi di Jl. Melawai IV No.7, Jakarta Selatan, tepatnya di sebelah Favehotel Melawai dan Kopi Oey. Buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00.

Source https://wolipop.detik.com https://wolipop.detik.com/read/2015/09/14/165824/3018442/856/food-fighters-blok-m-berburu-makanan-di-food-court-nuansa-industrial
Comments
Loading...