Gatot dan Tiwul Yu Tum

Gatot dan Tiwul Yu Tum

Warung makan ini menyediakan menu makanan yang berbeda dengan yang lainnya. Warung makan apa itu? “Gathot Thiwul Yu Tum” lah namanya. Berbagai macam variasi tiwul tersedia di sini, mulai yang biasa, di beri keju, dan bahkan ada yang di beri cokelat. Agar lebih menarik dilihat, tiwul – tiwul tersebut di bentuk menyerupai lingkaran yang mengerucut ke atas tetapi tak sekerucut tumpeng maupun bangunan Monumen Jogja Kembali.

Tiwul dan gathot sama – sama panganan tradisional dan sama – sama terbuat dari singkong / ubi. Perbedaan terjadi pada strukturnya dimana tiwul mempunyai struktur yang lebih lembut dibandingkan dengan gatot. Sesuai dengan namanya Gathot Thiwul Yu Tum, di sini berbagai macam aneka gatot dan tiwul tersedia. Mulai dari ukuran seperempat, setengah hingga utuh. Sementara pada tiwulnya, sesuai dengan dugaan Ane sebelumnya bahwa tak hanya satu jenis saja yang tersedia melainkan beberapa variasi mulai dari thiwul biasa, thiwul keju, thiwul cokelat, dan sebagainya. Untuk harganya sekitar 5000 sampai 20000 rupiah.

Untuk tempatnya berada di tanah Jogja bagian timur yakni di Kabupetan Gunungkidul. Dari Kota Jogja bergeraklah menuju ke arah Kota Wonosari melalui Jl. Raya Yogyakarta – Wonosari. Setelah memasuki Gapura Kota Wonosari masih lurus saja hingga menemukan sebuah bundaran yakni Bundaran Siyono. Dari sini masih lurus lagi hingga menemukan Alun – alun Kota Wonosari,  di samping kiri Alun – alun tersebut (sebelum lampu merah)  ada sebuah jalan ke arah kiri, masuklah kedalam jalan tersebut hingga mentok. Kemudian beloklah ke arah kanan hingga menemukan perempatan lampu merah yang di pojoknya berdiri RSUD Wonosari. Masih lurus ke arah timur hingga menemukan pertigaan bundaran. Lurus lagi sedikit dan tak jauh dari bundaran tersebut sampailah di tempat yang sobat maksud. Warungnya terletak di sebelah kanan jalan.

Source http://www.anishidayah.com/ http://www.anishidayah.com/2016/01/gatot-dan-tiwul-yu-tum-rasanya-wuenak.html
Comments
Loading...