Geco Samsat Bu Yayat Sukabumi yang Menggoda Lidah

Sukabumi adalah kota yang menyediakan banyak sekali makanan makanan khas daerahnya, Selain mochi makanan khas Sukabumi lainnya adalah Geco . Geco kalau di daerah Jakarta atau di Bogor mungkin di kenal dengan sebutan Toge goreng, namun beda namanya kalau sedang berada di Sukabumi dan Cianjur, nama masakan tradisional sunda ini dikenal dengan nama Geco alias Toge tauco.

Makanan yang merupakan singkatan dari tauge dan tauco ini diklaim menjadi makanan khas Sukabumi yang rasanya cukup menggoda lidah.

Maklum ciri khas dari makanan ini adalah lumuran tauco yang merupakan bumbu makanan khas dari Sukabumi. Bumbu tauco geco sendiri terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur fermentasi.

Geco yang cukup terkenal disukabumi ini ykni Geco Samsat Ibu Yayat. Kenapa dinamakan demikian,Soalnya tempat jualannya itu berada didekat Samsat Kota Sukabumi, dan nama si Ibu penjualnya adalah Ibu Yayat. Selain rasanya yang mengoyang lidah, porsinya juga pas tidak terlalu banyak dan tentunya tidak sedikit. Geco dihidangkan dengan satu ketupat yang di potong potong menjadi beberapa bagian, irisan tahu, toge, krupuk  dan dilumuri dengan bumbu tauco yang sudah memiliki racikan sendiri.

Rasa yang dimiliki oleh Geco di Sukabumi ini berbeda dengan Geco  yang ada di luar wilayah Sukabumi, hal ini dikarenakan bumbu tauco dan rempahnya yang memang memiliki perbedaannya, karena bumbu bumbu inilah rahasia masakan dari Geco itu sendiri.  rasa asem campur manis, Geco ini membuat Geco ini di sukai masyarakat Sukabumi.

Harga geco samsat ini relatif terjangkau, yaitu hanya Rp.8000, per porsinya. Geco samsat  bu Yayat berada di Jalan Kaum Kidul, Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Sukabumi.  Geco Samsat ini mulai buka dari jam 08.00 sampai jam 13.00.

Selamat Berkuliner.

Source Pegi Makan Mantapnya Geco Samsat Geco Samsat
Comments
Loading...