Grubi Walangan Rasa Enak Cemilin Khas Karanganyar Jawa Tengah

Meski bernama walangan, bukan berarti bahan dasarnya walang atau belalang. Melainkan berbahan dasar singkong yang diparut dan dicampur gula merah. Cara pembuatannya setelah singkong diparut, dibikin seperti lidi dan digoreng setengah matang menggunakan minyak kelapa. Lalu ditiriskans emalaman.Kemudian digoreng lagi sambil dicampur dengan larutan gula merah. Kemudian diangkat dan didiamkan sebentar agar tak terlalu panas.Kemudian dibuat bulatan-bulatan dan terakhir dikemas. Biasanya harganya Rp 15 ribu per kilogram. Kita bisa menemui walangan atau grubi di toko oleh-oleh atau di sentra kuliner di Karanganyar.Itulah kuliner di Karanganyar yang mungkin belum Anda rasakan. Silahkan berburu kuliner di Karanganyar untuk oleh-oleh sambil berwisata alam.

Grubi merupakan camilan khas masyarakat Karanganyar, Surakarta dan sekitarnya yang terbuat dari ubi dan gula Jawa. Di sejumlah daerah, grubi dikenal dengan nama lain, yaitu Walangan dan Carang Mas. Ubi yang digunakan untuk bahan olahan grubi biasanya dikupas tipis tipis dan direndam dalam air garam agar ubi tidak berwarna hitam, sekaligus menambah cita rasa sedikit asin. Ubi tersebut kemudian digoreng dalam minyak panas hingga kering dan berwarna coklat keemasan. Ubi yang telah digoreng kemudian dibaluri cairan gula merah yang telah dipanaskan menggunakan wajan. Gula merah yang dipanaskan harus larut dan

tidak menggumpal. Gula merah tersebut kemudian dicampur dengan gula pasir secukupnya hingga campuran tersebut mendidih dan membentuk banyak gelembung udara (sering disebut dnegan mata ulo). Ubi yang telah dicampur dengan gula merah dicetak dengan cetakan bulat dan didinginkan. Grubi yang telah dingin dikemas dalam wadah yang kedap udara. Proses pembuatan Grubi tidaklah mudah. Walaupun bahan bahan Grubi mudah diperoleh dan memiliki harga yang terjangkau, proses pembuatannya memerlukan keahlian terutama pada saat meniriskan ubi, membuat larutan gula dan mencetak campuran ubi dan larutan gula. Perbandingan antara larutan gula merah dan gula pasir juga harus diperhatikan, agar Grubi memiliki cita rasa yang lezat namun tidak mudah pecah.

Source http://www.karanganyarkab.go.id
Comments
Loading...