Gudeg Bromo,Makanan yang Legendaris Khas Jogja

Gudeg Bromo

Pernah dengar Gudeg Bu Tekluk? Nama aslinya adalah Gudeg Bromo. Gudeg ini buka mulai dari larut malam hingga subuh. Rasanya? Anda bisa nilai sendiri dari antriannya!
Makanan khas kota Jogja adalah gudeg. Karenanya, tidak heran kalau banyak terdapat penjual gudeg di seluruh penjuru kota. Mulai dari gudeg kering hingga gudeg basah, dijual di rumah makan maupun warung tenda, gudeg selalu diburu oleh wisatawan, bahkan penduduk setempat.

Ada satu gudeg yang selalu ramai pengunjung meskipun baru mulai berjualan pukul 11 malam, yaitu Gudeg Bromo atau terkenal juga dengan nama Gudeg Bu Tekluk. Gudeg ini dijual di pinggir Jl. Affandi, di dekat gang Bromo, di bawah tenda sederhana dengan konsep lesehan. Kesederhanaan tersebut ternyata tidak mengurangi minat pembeli.

Asal-usul nama tenar Bu Tekluk
Seperti disebutkan tadi, banyak yang menyebut Gudeg Bromo sebagai Gudeg Bu Tekluk. Hal tersebut dikarenakan penjual Gudeg Bromo kerap kali tertangkap mata sedang mengantuk saat sedang melayani pembeli. Kata ‘tekluk’ sendiri merupakan kata dari bahasa Jawa yang menunjukkan kondisi seseorang yang terkantuk-kantuk hingga kepalanya tidak sengaja tertunduk. Maklum saja, gudeg basah ini baru buka menjelang tengah malam hingga pukul 5 pagi.

Anda bisa memilih lauk sesuai selera, misalnya menggunakan telur, ayam suwir, atau tahu. Tenang saja, kalau anda suka makan dalam porsi besar, perut anda akan dikenyangkan dengan seporsi Gudeg Bromo ini. Harga per porsinya tergantung dengan pilihan lauk anda, kira-kira IDR25.000 jika anda menggunakan telur dan ayam suwir.

Usaha gudeg milik Bu Sukijo ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1984 dan selalu menjadi ‘penyelamat’ orang-orang yang kelaparan di tengah malam. Kalau anda berlibur ke Jogja dan baru kembali dari jalan-jalan tengah malam, kemudian perut mulai keroncongan, anda bisa langsung menuju ke Gudeg Bromo. Siap-siap mengantri demi mendapatkan seporsi gudeg ini, ya!

Menemukan Gudeg Bromo dari pusat kota
Lokasi Gudeg Bromo ini di tepi Jl. Affandi, yang dulunya bernama Jl. Gejayan. Dari pusat kota Jogja, jaraknya 5 kilometer. Gudeg ini baru buka untuk jualan jam 11 malam, meskipun begitu biasanya jam 10 antrian sudah mulai mengular. Karena larut, anda hanya bisa mengandalkan kendaraan pribadi ataupun taksi untuk mencapai tempat ini.

 

Gudeg Bromo

Alamat                : Jl. Affandi No. 2A, Caturtunggal, Depok, Sleman

Jam opersional : 23.00 – 05.00

Range harga      : mulai dari IDR25.000/porsi.

Source https://bonvoyagejogja.com
Comments
Loading...