Gudeg Bu Tjitro,Gudeg Legendaris Sajian Istimewa dari Kota Jogja

Gudeg Bu Tjitro

Gudeg merupakan makanan khas di Yogyakarta, bermacam merk yang hadir menyemarakkan kuliner Indonesia khususnya Yogyakarta. Walaupun bermunculan nama – nama tempat makan gudeg seperti gudeg yu Djum, Gudeg Hj. Ahmad, Gudeg Barek, dan lain sebagainya namun masing – masing tersebut mempunyai ciri khas masing – masing.

Tempat makan ini terletak ditempat yang sangat strategis yakni tepat didepan gedung Jogja Expo Centre (JEC), atau di jalan Janti No. 330 Yogyakarta. Gudeg Bu Tjitro sendiri dirintis sejak tahun 1925 tersebut mempunyai rasa yang sudah terkenal kenikmatannya. Nasi putihnya yang pulen , gudeg kering dipadu dengan buntil daun pepaya yang sudah hilang rasa pahitnya, sambal goreng lengkap dengan krecek, tempe dan kedelai, masih ditambah dengan daging ayam serta telur yang disiram dengan kuah opor menghadirkan rasa mantap dan disajikan dengan menggunakan piring tanah liat beralas daun pisang. Bagi Anda yang senang dengan rasa pedas tidak ketinggalan Gudeg Bu Tjitro menyediakan sambal Bajag yang tentunya akan menambah rasa istimewa dalam menu ini.

Dengan tanpa meningggalkan ciri khas andalan masakan Gudeg, Warung makan Gudeg Bu Tjitro 1925 ini menyajikan masakan lain yakni Sup kembang tahu dan juga Ayam herbal yang unik serta Calamari Hot Ring. Ayam Herbal merupakan satu masakan yang berbahan ayam kampung yang dimasak menggunakan kombinasi bumbu ginseng, kurma kering, jahe, kayu manis dan rempah – rempah rahasia. Selain nikmat ayam herbal ini juga berkhasiat untuk tubuh yakni menghilangkan lelah dan meningkatkan stamina. Sedangkan Calamari Hot Ring dapat dinikmati sebagai camilan saat bersantai ditemani dengan berbagai macam pilihan es krim.

Harga berbagai macam jenis makanan di Gudeg Bu Tjitro 1925 ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp. 9.000,- hingga Rp. 150.000,-sedangkan untuk minuman dengan harga mulai dari Rp. 4.000,- hingga Rp. 18.500,- dengan pilihan diantaranya teh poci, teh serai, teh rosela, beberapa aneka jus buah atau sayur hingga beras kencur.

Gudeg Bu Tjitro juga menyediakan tempat yang nyaman dengan pilihan menggunakan tempat duduk kursi ataupun lesehan. Secara keseluruhan, dengan bangunan 2 lantainya dapat menampung hingga 200 hingga 300 orang. Terbagi dalam ruangan VIP room dengan kapasitas 17 orang, meeting room dengan kapasitas 50 orang. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Bagi Anda yang menginginkan gudeg sebagai oleh – oleh, dapat memesan Gudeg kendil yang dapat bertahan hingga 48 jam dan juga gudeg kaleng yang dapat bertahan hingga 1 tahun.

How to get there :

  1. Dengan Bus Trans Jogja Jalur 1A, 1B, 3A dan 3B turun di halte Wonocatur atau JEC anda tinggal berjalan sekitar 50 meter saja
  2. Dengan bus kota jalur 7 turun di depan gudeg Bu Tjitro ini.
  3. Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.
Source http://kuliner.panduanwisata.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.