Gulai Taboh Kuliner khas lampung

Masyarakat di Liwa, wilayah Kabupaten Lampung Barat, mempunyai makanan khas daerah setempat yaitu gulai taboh. Taboh menurut bahasa Lampung, artinya santan. Jadi Gulai taboh diartikan sebagai gulai santan. Makanan ini mempunyai cita rasa yang cukup unik dan terbuat dari kacang-kacangan serta umbi-umbian. Kamu akan menikmati masakan dengan rasa santan yang diolah dengan campuran kacang hijau dan tanah, dan jenis kacang lainya, kentang dan rebung pada masakan Lampung ini.

Selain itu, terdapat bahan yang akan membuatmu berasa berbeda dilidah karena terdapat juga campuran seperti daun sirih atau bahkan terasi. Perpaduan rasa manis pada ubi-ubian seperti labu dengan paduan rasa khas terasi akan menambah rasa yang beragam pada lidah kita. Makanan khas ini patut kamu coba jika berada di Lampung. Bahan utama menu asal Liwa ini adalah ikan gabus atau ikan nila. Ikannya bisa dipanggang utuh atau dipotong dadu. Gulai ini biasanya berisi kacang kacangan seperti kacang, kacang merah, kacang panjang, rebung, kentang dan lain lain.

Klau Anda singgah ke Lampung Barat, gulai taboh bisa dinikmati di sebuah Rumah Makan ‘Khang Mengan Jejama’ yang berarti tempat makan bersama. Rumah makan yang menyajikan menu khas Liwa ini hanya bisa ditemukan di jalan Raden Intan Way Mengaku Kota Liwa. Jaraknya hanya 100 meter dari pusat pemerintahan kabupaten setempat.

Sumber info www.kompas.com

Source pegimakan kompas
Comments
Loading...