Gurih dan Nikmatnya Simping Kaum Legendaris Khas Purwakarta

Saat berkunjung ke Purwakarta, Jawa Barat, tak lengkap rasanya jika tidak menjadikan simping sebagai buah tangan, karena camilan yang satu ini merupakan kudap khas dan kebanggan dari daerah itu. Inilah camilan enak dari Purwakarta. Simping kaum merupakan sejenis makanan yang bentuknya bulat pipih dan kress jika dimakan.

Simping sendiri dalam sejarahnya sudah ada sejak zaman dahulu kala, dan merupakan kudapan para bangsawan masa kerajaan, dari kerajaan Sunda. Untuk kemudian dikembangkan oleh salah seorang pembuatnya yang berdomisili di Kampung Kaum.

Namun di tengah nama simping yang kini banyak dikenal di berbagai daerah sebagai makanan khas Purwakarta. Justru usaha simping semakin sulit untuk dipertahankan. Itu terjadi tak lepas dari mahalnya harga bahan baku seperti tepung tapioka yang semula hanya Rp 70.000 per lima puluh kilogram, kini sudah di atas Rp 400.000. belum lagi bahan lain seperti rempah dan buah-buahan karena perasa dalam simping menggunakan bahan alami tanpa perasa buatan.

Simping merupakan kudap yang terbuat dari tepung tapioka, terigu ditambah bumbu penyedap serta aneka rasa dari rempah dan buah buahan. Bentuknya berupa lembaran pipih, bundar tipis. Simping memiliki rasa yang gurih, nikmat dan kelezatan tiada tara bagi para penikmatnya. Terlebih kini ada varian rasa simping dibuat. Mulai dari rasa kencur, bawang, pandan, nanas, durian, dan stroberi hingga nangka. Harga perbungkus dibanderol Rp 7.000 dan Rp 10.000 untuk simping jenis wanayasa.

Simping juga merupakan makanan yang bebas kolesterol, karena proses pembuatannya tidak menggunakan minyak, melainkan dengan cara dipanggang sehingga aman dikonsumsi. Salah satu produksi simping yang terbilang populer adalah Simping Asli Teh Inu. Simping selalu dijadikan sebagai oleh-oleh baik warga Purwakarta yang berangkat ke luar daerah, atau ke luar negeri. ada juga dari masyarakat luar yang datang ke Purwakarta. Simping bisa menjadikan sebagai makanan tradisional yang go internasional.

Simping sangat mudah di jumpai di Purwakarta, terutama di Jl. Kusuma Atmaja No.21, Cipaisan, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Selamat mencoba Pegimakan Lovers.

Source Pegimakan Simping Kaum Simping, si gurih dan renyah khas Purwakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published.