Gurihnya Kue Semprong Khas Kebumen Jawa Tengah

Semprong merupakan salah satujenis makan tradisional jawa, termask kebumen. Semprong biasanya sering kita jumpai pada perayaan idul fitri (lebaran), karena memang semprong termasuk makanan khas lebaran. Ngomong – ngomong tentang semprong ditempat saya setiap lebaran pasti hampir setiap rumah dipastikan terdapat semprong,memang semprong ini salah satu makanan yang di gemari oleh masyarkat pedesaan tetapi bukan berati masyarakat yang berada di perkotaan tidak mengetahuinya hanya mayoritas berada di pedeaan.

  Semprong umumnya berbentuk gulung atau lipat, yaa bisa dikatakan hampir mirip dengan astor, hanya saja semprong menggunakan bahan – bahan tradisional dan tidak menggunakan perasa – perasa lainya. Tetapi ada juga yang berbentuk kipas atau yang lainya, walaupun semprong bisa dikreasikan dengan berbagai bentuk selera. Yang tentunya tidak mengurangi karakteristik lain yang mampu membuat lidah kalian semua menjadi terenyuh

iapa yang tidak kenal dengan cemilan renyah khas Betawi yang satu ini? …. Lanthing atau biasa juga disebut klanthing adalah cemilan tradisional renyah khas dari Kabupaten Kebumen. … Kue semprong terbuat dari tepung beras, telur ayam, gula pasir, santan kelapa, dan bahan penyedap lainnya.Kue semprong biasa juga dibikin saat Lebaran sebagai sajian hari raya. Kue semprong memiliki rasa manis dengan aroma bakar khas.

Kue ini memang dimasak dengan cara dibakar menggunakan alat penjepit dari besi.Cara pembuatan seprong yaitu pertama telur dikocok kemudian dicampur dengan gula, masukkan tepung beras dan tepung tapioka. Adonan ini kemudian diaduk sampai merata, diseduh dengan air santan sampai merata dan mengental. Masukkan ke dalam cetakan, dibakar sampai matang, dan digulung.Kue semprong ini biasanya sebagai makanan kecil untuk dihidangkan saat ada tamu. Kue ini bisa tahan lama karena merupakan kue kering. Semprong biasa dibuat dalam jumlah besar dan disimpan dalam toples.

Source http://vennysecretary.blogspot.co.id
Comments
Loading...