Gurihnya Sop Kembang Waru Khas Yogyakarta

Sop Kembang Waru

Sup “Kembang Waru” merupakan salah satu sup khas Yogyakarta. Anda bila menemui Sup ini sangat mudah di kota Yogyakarta terutama di pasar kuliner Yogyakarta.

Sup kembang waru ini ialah makanan yang di sajikan ketika ada hajatan-hajatan pengantin di Yogyakarta. Tidak banyak sup ini dijual di luar acara tersebut. Sup ini disediakan oleh seorang pedagang dengan pengunjung tiap hari cukup banyak. Sup ini akan ditemukan di lantai dua bagian tengah bangunan di food court pasar Beringharjo.
Anda jangan lupa mencoba Sup ini, rasanya yang khas, gurih dan sedap dan kuah yang segar sup sini menjadi favorit kuliner Jogja. jangan lupa Anda mampir di pasar Beringharjo untuk mencicipi Sup ini. Dijamin ketagihan…
Anda coba saat berburu kuliner di Yogyakarta. Sop ini akan menambah daftar buruan makanan berat khas Yogyakarta.Selain kekhasannya, sop kembang waru merupakan makanan yang hanya ditemui di Pasar Beringharjo. Letaknya persis di foodcourt Pasar Beringharjo, Lantai 2, Kota Yogyakarta.

Perlu diketahui, bahwa sajian sop ini hanya akan ditemui saat pesta pernikahan di Yogyakarta. Di luar itu, jangan harap mudah menemukannya. Pasalnya, sup kembang waru termasuk jenis makanan khas yang jarang diperdagangkan. So, Anda hanya dapat menemui pedagang sop kembang waru di Pasar Beringharjo.

Sop Kembang Waru memiliki tampilan sop bening dengan aneka sayuran biasa seperti wortel, buncis, tetelan daging atau ceker ayam. Yang membuatnya special adalah tambahan sejenis siomay bungkus dadar yang ditata menyerupai bunga. Oleh masyarakat Jogja siomay jenis ini disebut siomay kembang waru.

Jadi, Anda salah kalau mengira sop satu ini ditambahkan kembang waru betulan alias bunga dari pohon waru. Dengan ceker atau tetelan daging sapi yang dimasak dengan sangat tanak, sop ini menjadi sangat nikmat sembari mengunyah ceker dan tetelan yang seolah lumer begitu saja di dalam mulut.

Warung sop kembang waru di sini buka pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Satu porsinya hanya Rp15.000. Namun, harga itu belum termasuk minum, hanya sop dan sepiring nasi. Meski terbilang mahal, tentu kesegaran icip-icip sop langka ini layak dihargai Rp15.000.

Source https://merahputih.com
Comments
Loading...