Hangat dan Segarnya Sekoteng Singapore di Kota Sukabumi

Berlibur ke sukabumi tanpa mencoba makanan sukabumi rasanya ada yang kurang. Sukabumi merupakan salah satu kabupaten di jawa barat yang terletak di selatan pulau jawa yang berbatasan langsung dengan samudra hindia. Sukabumi memiliki banyak obyek wisata sehingga setiap tahunnya selalu di padati pengunjung baik di sukabumi maupun luar sukabumi. Tidak heran bila kuliner sukabumi di kenali oleh semua masyarakat di Indonesia. Salah satunya kuliner  sukabumi  yang di sukai masyarakat sukabumi adalah Sekoteng Singapore.

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jahe yang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Sekoteng singapore ini tidak jauh berbeda dengan sekoteng pada umumnya yang mengandalkan hangatnya air jahe dipadu dengan susu kental manis sebagai kuahnya, tetapi hanya saja sekoteng singapore ini isinya lebih beragam.

Semangkok sekoteng singapore terdiri dari campuran air gula, susu, biskuit, kolang-kaling alias caruluk, kacang hijau, jali-jali, pacar china dan roti, disiram air panas rasa jahe atau pandan. Aromanya dijamin akan menggugah lidah Anda untuk segera menyantapnya. Harga seporsi sekoteng singapore ini adalah Rp 6,000. Cukup terjangkau.

Sekoteng ini lebih lokal dengan cara menyesuaikan rasa sama lidah masyarakat Sukabumi, termasuk menyertakan manisan baligo yang dipotong kecil-kecil. Baligo adalah labu besar berwarna kuning di bagian kulit dan dagingnya, biasa digunakan masyarakat Eropa atau Amerika saat pesta Helloween. Masyarakat Sukabumi seringnya mengolah baligo menjadi kolak atau bahan dasar membuat penganan dodol dan ada juga teh untuk pendamping sekotong Singapore yang sangat enak untuk kita nikmati. Teh ini diramu  dengan cara khusus, menambahkan beberapa resep rahasia, sehingga rasa dan aroma teh yang khas dengan tingkat kekentalan tertentu, menjadikan rasa teh jauh lebih nikmat.

Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani No.243, Kota Sukabumi. Tempatnya yang berada di pusat keramaian Kota Sukabumi, Warung Sekoteng ini buka pada pukul 16.00 sore sampai dengan pukul 00.00 malam.

Selamat mencoba.

Source Pegi Makan Sekoteng ala-ala Singapore Sekoteng Singapoe
Comments
Loading...