Hanyut Dalam Kelezatan Bebek Palupi

Hanyut Dalam Kelezatan Bebek Palupi

Bagi sebagian orang Jawa pasti mengenal istilah nama ‘palupi’. Palupi adalah jenis dari Langgam Jawa, sedangkan Langgam Jawa sendiri adalah bentuk adaptasi musik keroncong kedalam idiom musik tradisional Jawa khususnya gamelan. Lewat kegemaranya mendengarkan musik tradisional Jawa, Sam Iadi menamakan usahanya dengan Bebek Palupi.

Sam Iadi mengisahkan awal dirinya mulai berjualan Bebek Palupi sejak tahun 1996. “Awalnya saya berjualan kaki lima di depan Perpustakaan Kota Surabaya Jalan Rungkut Tengah. Tidak mudah emang untuk merintis sebuah usah, jatuh bangun saya lewati dengan keyakinan penuh,” ceritanya.

Hasil gambar untuk Bebek Palupi

Dan pada tahun 2006 saya memberanikan diri untuk mengontrak sebuah gudang beralamat di Jalan Rungkut Asri Tengah no 10 Surabaya, yang saat ini menjadi rumah makan bebek miliknya. “Sejak 2006 itu saya melakukan riset percobaan ke seluruh kuliner bebek yang ada di Surabaya, sampai saat saya menemukan resep sendiri untuk bebek saya. Dan syukurnya resep milik saya diterima dengan baik oleh pelanggan,” lanjutnya.

Empuknya daging bebek dipadukan dengan gurihnya bumbu racikan sang pemilik menjadi daya jual bebek palupi. “Kita pakai bebek muda sebagai bahan utama sehingga dagingnya lebih empuk, kemudian daging direbus dengan bumbu yang saya racik sendiri sehingga rasa gurih bisa merasuk kedalam serat daging,” beber Sam Iadi dalam proses memasak bebek miliknya.

Hasil gambar untuk Bebek Palupi

Bagi para penikmat kuliner ketenaran nama Bebek Palupi sudah tidak diragukan lagi. Beberapa dari mereka berpendapat, Bebek Palupi merupakan trademark kuliner bebek asli Surabaya. “bagi warga Surabaya kalau tidak mengenal Bebek Palupi berarti dia kudet atau kurang update. Saya saja sudah terlanjur jatuh cinta sama kuliner bebek yang dijajakan di Bebek Palupi, hampir setiap tiga hari sekali saya pasti mampir makan disini, dari harga juga kompetitif kok, saya makan satui porsi plus minum es jeruk cuman Rp 25 ribu saja,” kata Rina salah satu konsumen Bebek Palupi.

Source http://ulinulin.com http://ulinulin.com/posts/wisata-kuliner-surabaya-hanyut-dalam-kelezatan-bebek-palupi
Comments
Loading...