Hidangan Lezat Kelo Mrico Khas Rembang Jawa Tengah

Kelo Mrico, Kelo sendiri adalah bahasa daerah di kabupaten rembang yang berarti sayur berkuah dan mrico adalah merica, jadi Kelo Mrico adalah Sayur Mrica. Kelo Mrico ini memang khas dengan rasa merica yang menjadi bumbu utama dari sayur ini, untuk ikannya yang digunakan biasanya adalah ikan laut, terkadang juga ikan bandeng, tergantung selera saja.

Rasa pedas khas merica ini lah yang menjadikan kuah sayur ini menjadi lebih seger dan pedas, dijamin deh, kalau habis makan Kelo Mrico ini keringat pada bercucuran. Sangat pas buat pecinta kuliner pedas.Bagi pecinta kuliner di Rembang, tentu sangat akrab dengan sayur mrico alias kelo mrico. Apalagi bagi mereka yang memiliki selera tinggi pada makanan yang pedas, kuliner khas Rembang ini tentu bisa menjadi rujukan.

Pedasnya kuah yang berasal dari cabai dan lada atau merica, memberikan sensasi rasa yang khas. Rasa pedas yang nendang dicampur daging ikan laut yang lezat, menjadikan kelo mrico menjadi santapan favorit bagi masyarakat Rembang.Salah satu warung yang menjadi rujukan ketika mencari menu kelo mrico di Rembang adalah Warung Makan ‘Mrico’ Bu Wadji. Warung yang sudah ada sejak 1985 ini, mengambil nama Mrico lantaran lada alias mrico menjadi bumbu utama untuk rasa pedas pada warung ini. Selain itu, menu favorit

para pembelinya adalah kelo mrico.enu ini bisa dinikmati dengan harga yang murah. Satu porsi sayur mrico daging dipatok dengan harga Rp 20.000, sedangkan untuk sayur mrico kepala ikan kisaran Rp 25.000 sampai Rp 30.000.Kuah sayur pedas ini diolah dengan berbagai bumbu. Di antaranya bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, kunyit, jahe, daun jeruk, asem cempaluk, dan tentunya lada (mrico).Untuk ikan laut yang bisa dipadukan dengan sayur mrico adalah ikan manyung, sembilang, dukang, dan kakap. Namun dari empat jenis ikan laut itu, ikan manyung menjadi primadona para penggemar“Sejak dulu kelo mrico menjadi menu favorit para pembeli,”

Source http://www.plimbi.com/
Comments
Loading...