Ikan Selais Asap Ikon Kuliner Khas Riau

Riau memiliki daya tarik yang cukup menyita perhatian, salah satunya adalah kekayaan ragam kulinernya, Salah satu yang cukup tersohor adalah Ikan selais yang menjadi ikon Provinsi Riau.

Ikan pipih memanjang ini biasanya diasap dan diolah jadi pindang hingga gulai. Ikan selais berbentuk pipih memanjang dengan kepala menyerupai kerucut. Tubuh ikan bernama latin Kryptopterus lais ini tidak memiliki sisik. Ciri lainnya berupa dua ‘kumis’ panjang di dekat mulutnya. Sungai Kampar, Sungai Kuantan, Sungai Rokan, Sungai Inderagiri, dan Sungai Segati menjadi habitat hidup ikan selais. Selain di sungai, ikan air tawar ini juga bisa hidup di danau.

Cara pembuatan ikan asap selais ini sendiri merupakan hal yang cukup sederhana, yaitu ikan selais yang didapat dari sungai kemudian dijemur selama lebih kurang 1 hari. Setelah dijemur ikan tersebut diasap dengan menggunakan kulit kayu agar dapat memberikan aroma citarasa yang khusus, pengasapan tidak hanya dibagian sana, namun juga dilakukan pengasapan dengan menggunakan rambutan sebagai aroma khas. Rasa gurih ikan ini biasa disantap bersama teman makan berupa sambal merah yang cita rasanya pedas dan nendang.

Restoran yang menyediakan ragam olahan ikan selais salah satunya Rumah Makan Pondok Ikan Selais di kawasan Jl. Tuanku Tambusai, Kp. Melayu, Sukajadi. Harga perkilogramnya yaitu sekitar Rp.80.000. Restoran ini buka dari jam 09.00 sampai 22.30.

Selamat Mencoba Pegi Makan Lovers.

Source Pegi Makan Ikan Selais Asap
Comments
Loading...