Ikan Spicy Tanggi : Masakan Berbahan Dasar Ikan Ternikmat Di Ambon

Ambon sebagai ibu kota Provinsi Maluku yang merupakan salah satu tulang punggung kemaritiman Indonesia sudah tentu menyimpan banyak sekali kekayaan maritime dalam segala lini. Sektor perikanan, Perdagangan, Sumber daya alam, bahkan sektor Pariwisata menjadi bagian penting yang menyumbang kekayaan maritim di Ambon. Sudah tentu dunia maritim erat kaitannya dengan perikanan dan pariwisata, sehingga dalam hal pangan sebagai kebutuhan pokok ikan memiliki daya jual yang tinggi. Masyarakat Ambon sudah sangat terbiasa dengan jenis kebutuhan pangan ini, bahkan ikan dapat digolongkan sebagai salah satu kebutuhan utama di Ambon.

Salah satu restoran di kota Ambon yang terkenal akan masakan ikannya adalah Ratu Gurih yang terletak di Jalan Diponegoro no. 26 Kota Ambon, Maluku. Restoran ini sudah dikenal bahkan hingga ke mancanegara melalui wisatawan asing yang berkunjung ke Ambon. Salah satu menu andalan restoran ini bertajuk Ikan Spicy Tanggi. Makanan ini adalah menu unggulan restoran Ratu Gurih dan menjadi primadona masakan yang sering dipesan oleh para pengunjung. Menu Ikan Spicy Tanggi adalah sesuatu yang orisinil dipadukan dengan kenikmatan makanan ikan laut khas Maluku.

 

Untuk membuat Ikan Spicy Tanggi diperlukan bahan utama ikan laut yang tidak mudah hancur ketika diolah seperti ikan Kakap atau ikan Dorry. Menurut juru masaknya, hal ini diperlukan agar Ikan tetap terlihat segar dan tidak hancur ketika mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Setelah ikan di-fillet, daging ikan pun siap diberi tepung bumbu. Proses ini juga cukup penting karena rasa otentik daging ikan tidak boleh hilang oleh bumbu tepung yang digunakan. Sembari menggoreng ikan yang sudah dibumbui tadi, juru masak lainnya akan menyiapkan kuah Spicy Tanggi-nya yang tersusun atas beberapa rempah-rempah seperti Sereh, Cabai, Bawang Merah dan bumbu lainnya. Setelah semuanya menyatu dalam tumisan, maka sedikit air pun ditambahkan sehingga kuah Spicy Tanggi pun terbentuk. Keistimewaan masakan ini memang ada pada kuah Spicy Tanggi-nya, oleh karena itu proses masaknya pun harus dikerjakan oleh juru masak khusus.

Kuah Spicy Tanggi dan ikan tepung yang digoreng pun akan selesai dalam waktu yang tidak jauh berbeda. Ikan goreng tepung yang sudah disajikan di atas piring pun siap untuk disiram oleh kuah Spicy Tanggi yang masih panas dari penggorengan. Ikan Spicy Tanggi pun sudah siap dihidangkan dengan penampilan cantik yang luar biasa. Seperti namanya, rasa ikan Spicy Tanggi sangatlah kaya akan aroma rempah dan rasa pedas yang menjadi kelebihannya. Walaupun dimasak dalam kondisi terpisah dan hanya disiramkan, namun kuah Spicy Tanggi terasa sangat meresap dalam tiap gigitan daging ikan goreng tepungnya. Ini adalah makanan yang luar biasa nikmat.

Sekilas, ikan Spicy Tanggi tampak seperti Ikan Asam Manis yang biasa kita jumpai di restoran-restoran seafood, tetapi menu Spicy Tanggi di Restoran Ratu Gurih ini memiliki citarasa yang sangat berbeda. Untuk harganya berkisar Rp 25.000 – Rp 50.000. Perpaduan asam manis dari bumbunya berpadu dengan uniknya rempah-rempah Maluku yang digunakan dalam masakan ini. Selain itu, pilihan ikan yang dimasak pun akan menentukan kenikmatan Ikan Spicy Tanggi tersebut. Tidak diragukan lagi, menurut saya Ikan Spicy Tanggi sudah dapat dikatakan sebagai salah satu masakan berbahan dasar ikan ternikmat yang ada di kota Ambon.

Source https://www.indonesiakaya.com https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/ikan-spicy-tanggi--masakan-berbahan-dasar-ikan-ternikmat-di-ambon
Comments
Loading...