Jadah Bakar Kuliner Legendaris Khas Madiun

Jadah Bakar adalah kuliner wajib kota Madiun. Hampir semua kalangan menyukai jenis kuliner tersebut. Jadah bakar dengan cara dipanggang diatas arang menambah keaslian rasa yang kuat. Salah satu tempat penjual Jadah bakar yang sudah terkenal dan legendaris di Madiun adalh Mbak Luk depan stasiun kereta api Madiun. Warung ini buka jam 3 sore setiap harinya dan tutup sekitar jam 9 – 10 malam.


JIKA mendengar nama makanan jadah, maka nama itu akan terdengar aneh di telinga. Tetapi bagi warga dan penumpang kereta api jurusan Madiun, nama tersebut sangatlah familiar. Memang benar jadah bakar menjadi makanan favorit bagi warga dan penumpang kereta api Madiun, Jawa Timur. Jadah bakar ini begitu mudah ditemukan di depan stasiun di sepanjang jalan keluar stasiun Madiun.
Jadah, penganan tradisional ini dibuat dari bahan dasar beras ketan putih yang dikukus dengan parutan kelapa dan sedikit garam hingga tanak. Setelah matang, ketan kemudian ditumbuk hingga lembut dan diatur dalam wadah baru dipotong-potong sesuai selera. Biasanya jadah bisa langsung disantap begitu saja.

Namun, di Madiun, jadah berwarna putih ini biasanya sudah dipotong dengan ukuran sekitar 8×8 cm lalu dibakar di pemanggangan sampai gurih dan renyah. Pembeli juga dapat meminta gula untuk ditaburkan di atas jadah bakar tersebut. Makanan ini akan lebih lengkap disajikan dengan segelas es teh poci.
Jika ingin menikmati jadah bakar ini pengunjung dapat membeli kapanpun karena tempat kuliner ini buka dari pagi sampai larut malam. Bagi penumpang kereta api yang turun di stasiun Madiun, sebaiknya singgah menikmati kelezatan jadah bakar untuk menghilangkan rasa lelah selama perjalanan.

Kelezatan yang ditawarkan jadah bakar ini dapat dibeli dengan harga Rp 1.000 per potongnya, pembeli sudah dimanjakan kelezatan dan kegurihan jadah bakar ini. Murah bukan? Jadah bakar ini dapat juga dibungkus untuk disantap selama perjalanan menaiki kereta api.
Pada hari-hari libur, jadah bakar ini menjadi perburuan warga Madiun dan penumpang yang akan bepergian dengan kereta. So, jangan ragu membeli jadah bakar ini jika akan singgah atau melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api stasiun Madiun.
Jl. Kompol Sunaryo, Madiun Lor, Mangu Harjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63122
Surabaya.

Source Pegi Makan Trimbun

Leave A Reply

Your email address will not be published.