Jenang Upih dan Jadah Koro,Jajanan Khas Kota Jogja

Jenang Upih dan Jadah Koro

Kalian sering ke Jogja? Nah sekarang kami ingin membahas tentang jajanan khas Jogja yang amat Istimewa, namanya Jenang Upih. Jenang upih terbuat dari beras yang dicuci bersih lalu ditiriskan setelah di benar-benar kering di giling hingga menjadi tepung. Kata upih berasal dari tempat untuk mengukusnya yaitu pelepah pohon aren yang berbentuk bulat menyesuaikan kukusan & dandang tempat menanaknya. Cara pembuatan tepung dari beras tadi yang sudah lembut dicampurkan dengan santan kelapa kental sedikit garam beserta daun pandan untuk membuat gurih serta wangi jenang upih tersebut diatas. Setelah adonan jadi dituangkan pada upih yang terbuat dari pelepah aren lalu dikukus hingga masak dan mengental.

Cara penyajian jenang upih dipotong-potong ditambahkan tempe bacem maupun tahu bacem namun akan lebih nikmat lagi dicocolkan pada petis dari kaldu sapi. Harga lumayan murah untuk sebungkus cukup merogoh kocek Rp 5000 ( sebungkus jenang upih) sedangkan tahu bacem serta tempe bacem cukup Rp 2000 untuk 3 biji. Dimana mendapatkan atau membeli jenang upih ? Kamu bisa mendapatkan jenang upih didepan Pasar Kranggan Jl.P.Diponegoro Jogja atau 100 meter Tugu Jogja ke barat, Jenang Upih: Buka pukul 06.00 ~ 10.00 Buka 2 hari sekali.

Jenang Upih

Upih sebenarnya adalah sebuah alat sederhana yang digunakan untuk merebus jenang, alat ini terbuat dari semacam serabut dari bahan alam. Bahan dasar jenang adalah tepung terigu yang di campur dengan air lalu direbus hingga menggumpal. Kemudian jenang tadi dimasukan kedalam jadah.

Jadah Koro

Jadah merupakan makanan khas yang biasanya terdapat banyak di kawasan kaliurang, sebuah makanan khas yang kaya akan protein. Beras ketan yang mengandung karbohidrat tinggi di campur dengan kacanf koro yang mengandung protein tinggi. Tidak kalah tinggi dengan kacang hijau tentunya.

Makanan khas satu ini nyatanya menjadi primadona bagi penikmat kuliner Jogja, terlihat jelas baru saja buka Mbah Marto sudah di serbu pengunjung. Kuliner Jogja satu ini sangatlah eksklusif, betapa tidak hanya tersedia dua hari dalam seminggu. Mengingat pembuatan Jadah yang memakan waktu cukup lama.

Jenang Upih dan Jadah Koro, seperti sebuah sumber energy protein tinggi, maklum makanan khas kebanyakan kaya akan protein. Tentunya selain, memiliki nilai budaya yang tinggi kuliner Jogja, Jenang Upih dan Jadah Koro ini sangatlah sehat.

Kalian bakalan mendapatkan yang namanya sensasi baru dan menyehatkan tentunya, tak perlu ragu lagi deh. Yuk! Mampir.

Source https://www.sobatjogja.com
Comments
Loading...