Kaledo Stereo Palu

Kaledo Stereo

Jika berlibur ke kota Palu, Sulawesi Tengah kurang lengkap rasanya kalau anda belum mencicipi kuliner khas daerah ini yang bernama Kaledo. Kaledo adalah masakan yang berasal dari daging dan tulang kaki sapi, Kaledo merupakan singkatan dari Kaki Lembu Donggala (Donggala, nama kabupaten yang berbatasan langsung dengan Palu). Beberapa warung Kaledo yang  telah ternama di Palu, salah satunya adalah Kaledo Stereo yang berada di Jalan Diponegoro No.40.

Kuliner ini termasuk dalam jenis makanan yang memiliki kuah bening dan agak kekuning-kuningan, dengan rasa yang sangat khas. Kaledo ini pertama kali muncul dengan hanya menggunakan bahan baku tulang kaki sapi dengan sedikit dagingnya. Namun, seiring dengan waktu berjalan dan penjual Kaledo pun semakin bertambah membuat tulang kaki sapi semakin sulit untuk diperoleh. Maka untuk mensiasati hal ini, para penjual Kaledo pun banyak yang menambahkan tulang belakang sapi sebagai pelengkap bahan utama.

Sebenarnya keistimewaan dari Kaledo ini terletak pada penggunaan bumbu asam Jawa yang begitu kental. Asam jawa yang di pergunakan dalam Kaledo ini adalah asam jawa yang masih muda agar bisa memperoleh konsentrat asam. Selain itu, keistimewaan yang lain adalah terdapatnya bumbu pelengkap khas Kota Palu. Daging Kaledo sangat empuk serta yang tak kalah membuat nikmat adalah kuah sup. Kuahnya sangat segar dengan rasa dominan asam dan pedas.  

Umumnya, Kaledo disajikan dengan Ubi Kayu atau singkong rebus, disajikan dengan kuah yang sedikit berwarna pekat dengan taburan daun bawang dan bawang goreng, juga sambal dan jeruk nipis. Cara makannya pun sedikit unik, karena jika biasanya Anda memakai sendok dan garpu, maka saat menikmati Kaledo juga di sediakan pisau, garpu, sumpit atau pipet dan sedotan yang digunakan untuk menghisap sumsum yang berada di tengah tulang, menikmati Kaledo terasa lebih nikmat jika disantap saat hujan atau cuaca dingin, karena rasa pedas dari bumbu rempah mampu menghangatkan badan.

Rumah makan Kaledo Stereo mulai buka jam 09.00 sampai 22.00. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi Kaledo adalah Rp 50.000. Sedangkan untuk daging Kaledo potong seharga Rp 25.000.

Source https://ksmtour.com/ https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-palu/kaledo-rasa-asam-pedas-yang-khas-dari-kota-palu.html
Comments
Loading...