Kedai Blandongan, Tempat Nongkrong yang Melegenda di Jogja

Kedai Blandongan

Kopi Blandongan, Pembangkit Jiwa bagi MahasiswaKata “mahasiswa” dan “nongkrong” saat ini seperti telah tak terpisahkan, nongkrong untuk sekedar mengisi waktu bersama sahabat, saling bertukar pikiran, atau membahas ide-ide segar khas mahasiswa. Tak heran jika tempat nongkrong menjadi buruan mahasiswa, murah dan nyaman menjadi kriteria utama bagi mereka yang tergolong dalam mahasiswa hobi nongkrong.

Di jogjakarta, kota yang banyak terdapat Kampus besar ini mewarakan banyak tempat nongkrong mulai dari kelas pinggir jalan hingga cafe ternama. Salah satu tempat nongkrong yang melegenda di kalangan mahasiswa adalah “Kedai Blandongan”, warung kopi yang terletak di Jl. Sorowajan nomor 11 Banguntapan ini memilki konsep yang unik, area tempat duduk yang luas di dalam bangunan dari bambu yang terbuka dan beratap seng ini menawarkan menu ringan dengan menu andalan kopi blandongan.

Meski terlihat sederhana kopi Blandongan sudah dianggap ikon baru kota Jogjakarta. Saat ini ada tiga tempat di Jogjakarta yang menyediakan Kopi Blandongan yaitu geten, kaliurang, dan Sorowajan. Daerah Geten merupkan asal mula berkembangnya bisnis kedai Blandongan oleh nasiruddin yang akrab dipanggil Badrun. Awal mula terpikirnya ide bisnis kopi Blandongan ini karena pemilik yang merupakan mahasiswa pendatang sering kebingunagan jika ingin mencari kopi seperti yang khas dari daerah asalnya.

Dengan modal sedikit akhirnya Badrun membuka kedai kopi kecil-kecilan. Badrun saat itu selalu menyempatkan membawa kiloan kopi yang ia pilih dan ramu sendiri. Sejak saat itulah kalangan muda dan mahasiswa menyukai kopi racikan Badrun hingga sekarang. Kedai kopi yang telah berdiri sejak tahun 2000 ini tiap harinya tidak pernah sepi pembeli, sekitar 300 pembeli tiap harinya dilayani di Kedai ini. Khusus malam minggu biasanya Kedai bisa melayani sampai 500 orang.

Di kedai Blandongan menu yang menjadi favorit pelanggan adalah kopi cangkir, kopi robusta yang disajikan dengan cangkir berukuran sedang dan diseduh kental. Selain kopi cangkir, Kopasus (kopi susu) jahe cangkir, kopi dewa susu, menjadi daya tarik dari kedai yang buka sejak pukul 08.00 hingga 00.00 tiap harinya. Tak hanya mencantumkan menu kopi saja, di kedai ini pelanggan juga bisa memesan aneka jus, aneka nasi dan lauk, gorengan, dan makanan ringan lainnya tentunya dengan harga yang pas bagi mahasiswa. Secangkir kopi hitam di kedai ini dihargai lima ribu rupiah. Jika ingin merasakan koi blandongan di rumah, pembeli dapat membeli kopi dalam bentuk bubuk di kedai ini.

Selain harganya yang tergolong sangat mengerti mahasiswa, tempat di Kedai Blandongan ini cukup nyaman dan luas. Tak kalah pentingnya di Kedai ini tersedia fasilitas wi.fi dengan cukup membayar 2000 rupiah. Ditambah lagi untuk pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, parkir di area Kedai Blandongan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Tentu saja Kedai Kopi yang memiliki filosofi   “ anak bangsa harus diselamatkan dari kekurangan kopi, sebuah minuman yang membangkitkan jiwa raga” ini menjadi rekomendasi tempat nongkrong yang cocok dengan harga yang cocok pula.

 

Source http://cangkrukan.net
Comments
Loading...