Kedai Kabuli, Kuningan

Kabuli

 

Dari luar, interior Kabuli tampak unik menarik. Gawangan pintu masuk dan jendelanya dicat garis hitam putih, bak mahkota para raja/ratu di Mesir. Tempatnya sendiri minimalis. Ruang makan Kabuli layaknya cafe di teras terbuka, dengan 3 meja bundar dan 12 bangku. Disediakan pula beberapa kursi lipat untuk tambahan.

 

Kedai ini menawarkan menu Arabic Cuisine alias kuliner khas Arab yang sudah familiar di lidah orang Indonesia, yaitu nasi kebuli. Main Course (makanan utama)-nya ada Lamb Kabuli (kambing), Kebab Kabuli (sapi), Chicken Kabuli (ayam), serta menu terbaru Maraq Soup (sop kambing muda). Selain itu, tersedia pula aneka minuman Arab flavors dan jus.

Sambil menunggu pesanan, akan disuguhi welcome snack, masing-masing berupa sepiring kecil keripik jagung dan kacang sukro. Tamr Float merupakan minuman andalan kedai ini. Kabuli tidak menggunakan buah kurma melainkan sari kurma impor yang di-blend bersama susu dan disajikan dengan topping es krim vanilla dan taburan bubuk kayu manis. Rasanya maniiis banget, karena kandungan gula kurma yang tinggi. Namun adanya taburan bubuk kayu manis mampu sedikit menetralisir rasa manis tersebut. So far, minuman seharga Rp25 ribu ini worth to try, mengingat kurma mengandung sejuta manfaat bagi tubuh.

Frappio Float, adalah kopi khas Kabuli yang di-blend bersama es batu dan gula, lalu diberi topping es krim vanilla. Rasa kopinya tidak asam, tidak terlalu pahit, berpadu pas dalam campuran es, gula serta es krim yang menjadi topping-nya. Es krimnya sebaiknya diaduk sejak awal sehingga rasa manis es krim vanillanya bercampur rata dengan rasa kopi. Minuman ini dihargai Rp25.000 per gelasnya.

Arabian Gulf Chocolate merupakan minuman hot chocolate yang dicampur dengan bubuk kayu manis. Rasa kayu manisnya lebih dominan, tapi manisnya pas. Minuman panas seharga Rp35.000 ini di-request menjadi minuman dingin dengan diberi tambahan es batu. 

Main course Lamb Kabuli, disajikan dengan porsi sedang, dilengkapi dengan taburan kismis, potongan daging kambing panggang, sambal, acar, dan emping. Tekstur beras masakan ini  bukan seperti nasi kebuli di resto Arab yang sudah kesohor, sehingga sensasinya berbeda.

Bumbu nasi kebuli khas kedai ini lumayan terasa rempah, tapi kurang medok. Daging kambingnya yang empuk, meresap bumbu dan tidak bau kambing. Daging yang digunakan menurut buku menu adalah daging kambing muda. Dicocol dengan sambalnya yang enak, acarnya yang terbuat dari timun dan nanas yang dicacah juga enak. Menu ini dibanderol Rp45.000 seporsi. Kalau kalian berminat coba menu Timur Tengah lainnya di kedai ini, yuk meluncur ke Kabuli Rasuna Garden, Jl. Epicentrum Tengah No.3, Kuningan, Jakarta Selatan.

Source https://www.kulinerasyik.com/ https://www.kulinerasyik.com/resto-asyik/kabuli-rasuna-garden/
Comments
Loading...