Kelezatan Kuliner Khas Blitar Nasi Ampok

Blitar adalah salah satu Kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Timur, Blitar juga sering disebut sebagai Kota Proklamator atau Patria karena di kota ini terdapat makam Presiden Pertama Republik Indonesia yaitu Soekarno.

Tidak kalah dengan Kabupaten lainnya di Jawa Timur, Blitar pun memiliki daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk hal pariwisata dan kuliner. Blitar pun memiliki kuliner khasnya yaitu Nasi Ampok.

Nasi Ampok adalah makanan pengganti nasi yang terbuat dari jagung. Nasi Ampok sangat lezat apabila  disantap dengan sambal tomat dan sayur rebus (urap-urapan) dan ditambah dengan ikan asin, meski terdengar ndeso ternyata ampok ini mempunyai banyak manfaat.

Tidak dipungkiri memang Nasi Ampok tidak semua orang doyan, namun tidak sedikit yang terus mengkonsumsinya. Apalagi dengan alasan kesehatan, Nasi Ampok menjadi alternatif yang bagus mengurangi kadar gula dalam tubuh.

Warung yang masih menjual Nasi Ampok di Blitar adalah Warung Pak Darminto beserta Bu Darminto yang sudah sejak tahun 1999 membuka warung Nasi Ampok di Jl. A. Yani, tepatnya depan Kantor Dinas Pertanahan Blitar. Warung Nasi Ampok milik Pak Darminto diberi nama Sumber Urip, buka mulai pukul 18.00 WIB sampai habis, sekitar pukul 20.00 WIB.

Untuk harga per-porsi Nasi Ampok Rp. 4000,- (harga sewaktu-waktu bisa berubah) sudah lengkap dengan lauk dan kulupan (urap-urap) serta sayur ala desa seperti sayur pepaya, tewel (nangka muda) dan lainnya. Lauknya bisa memilih antara telur, pindang, atau hanya tahu dan tempe goreng. Bu Darminto juga menyediakan gerih (ikan asin). Jika anda berkunjung ke kota Blitar tidak ada salahnya mecicipi lezatnya Nasi Ampok, harga ekonomis namun sejuta manfaat untuk kesehatan.

Source https://backpackerjakarta.com https://backpackerjakarta.com/kelezatan-kuliner-khas-blitar-nasi-ampok/
Comments
Loading...