Kelezatan Lawar Kuwir Bebek Makanan Tradisional Khas Bali

Makanan tradisional khas Bali yang disebut Nasi Lawar, biasanya memakai babi. Tapi jangan khawatir, ada juga Nasi Lawar Kuwir yang memakai daging bebek. Jika libur ke bali patut coba makanan ini.

Lawar Kuwir adalah salah satu kuliner khas Bali yang mengandung arti sebagai makanan berbahan daging bebek entog. nama Lawar Kuwir sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu kata Lawar dan Kuwir. Kata Lawar berarti campuran daging yang dicampur enggan berbagai macam sayuran. Lawar sendiri merupakan makanan khas Bali yang sudah dibuktikan banyak orang tentang kelezatannya.
Sementara lawar yang banyak dibuat adalah lawar dari daging beberapa hewan, yaitu lawar celeng (babi), lawar siap (ayam), lawar barak, lawar putih, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan Kuwir jika dilihat dari Bahasa Bali, berarti daging entog.

Cara membuat Lawar Kuwir ini adalah dengan mencincang halus daging entog dan kemudian dicampur dengan sayuran. kombinasi bumbu-bumbu yang dipakai untuk kedua bahan utama tersebut membuat Lawar Kuwir semakin lezat.

Salah satu tempat makan nasi lawar yang menjadi favorit masyarakat bali yaitu di Warung Makan Pan Sinar, didirikan pada tahun 1990 yang terletak di Jl. Kroya Gang Cemapaka No. 1, Kesiman, Denpasar Timur, Sumerta Kelod, Kota Denpasar, Bali. Harga Satu paket lawar kuwir dihargai Rp. 25.000 sampai Rp.30.000. Paket tersebut meliputi sepiring nasi putih, sepiring lauk (lawar, daging goreng kering, sayur belimbing muda, kacang tanah, sambel matah, sate lilit ) dan semangkok jukut ares (sayur batang pisang) atau kuah gerang asam (kuah kaldu dengan potongan daging kuwir).

Warung makan Pan Sinar Buka dari jam 07.00 sampai jam 16.00.

Selamat Mencoba.

Source Pegi Makan Lawar Kuwir
Comments
Loading...