Kelezatan Pisang Goreng Sambal Roa di Kota Manado

Ada yang pernah ke Manado? Pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, Pisang Goreng. Apa spesialnya dari pisang goreng sampai-sampai menjadi kuliner khas? Jangan salah, pisang goreng yang satu ini selain mempunyai rasa yang mantap, ada sambalnya loh.

Terbuat dari pisang kepok yang dagingnya tebal dan manis kemudian diiris empat kali tanpa putus. Pisang goreng ini kemudian diberi adonan yang terbuat dari tepung terigu yang diairi sampai kekentalan tertentu.
Tidak ada yang khas dari pembuatan pisang gorengnya, yang unik adalah pisang goreng ini disajikan dengan Sambal Ikan Roa. Ikan Roa adalah jenis ikan terbang yang hanya terdapat di Manado. Sebelum dijadikan sambal, Ikan Roa diasapkan terlebih dahulu, setelah itu diambil kepala dan durinya lalu ditumbuk sampai halus kemudian dimasak bersama cabai kering yang akhirnya menjadi Sambal Ikan Roa khas Manado.

Masyarakat Manado biasa menggunakan istilah Rica untuk sebutan sambal. Itu sebabnya jika nanti pegimakan lovers berkunjung ke Manado, jangan bingung lagi, Sambal Ikan Roa sama dengan Rica Roa. Penasaran dengan rasa sambal ini? Sambal Ikan Roa didominasi oleh rasa gurih tetapi tetap pedas dan hangat di mulut. Berbeda dengan Sambal Lemong yang semua bahannya mentah ditambah perasan jeruk atau lemon, lebih mirip Sambal Goang khas Sunda. Menurut masyarakat Manado, sambal ini memang sangat multifungsi, bisa digunakan atau dimakan dengan apa saja tidak terkecuali pisang goreng.

Lokasi
Untuk Anda para pegimakan lovers, yang ingin mencicipi nikmatnya pisang goreng khas Manado ini, Anda bisa menemukannya di sepanjang Pantai Malalayang.

Harga
Untuk harga, Anda bisa membayar Rp. 2.000,- per satu pisang goreng plus sambalnya.

Jam Buka
Biasanya, para penjual pisang goreng ini berjualan dari pagi sampai malam. Jadi jangan takut kehabisan ya.
Bagi Anda yang ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh, Sambal Ikan Roa ini sudah ada kemasan praktisnya loh. Karena proses pengasapan dan cabai keringnya tadi bisa awet sampai beberapa hari tanpa tambahan pengawet.

Selamat berkuliner pegimakan lovers.

Source Pegi Makan Pisang Goreng Manado
Comments
Loading...